Minggu, 30 Juni 2024

Tingkatkan Produksi Komoditas Pertanian Dengan Sego Petani

KARANGANYAR — Bertempat di Gubuk Tani Gapoktan Margo Mulyo desa Jetis kecamatan Jaten kabupaten Karanganyar diadakan Launching Sego Petani (Sistem Gerakan Pengendalian OPT Elektronik) untuk meningkatkan produksi komoditas pertanian kabupaten Karanganyar. Kegiatan ini diselenggarakan oleh dinas Pertanian Pangan dan Perikanan kabupaten Karanganyar.

Turut hadir pada kegiatan antara lain Timotius Suryadi, S.Sos, M.S.i Pj. Bupati Karanganyar, Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., diwakili Danramil 04/Jaten Kapten Inf Hanan, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Pjs bapak Titis, Camat Jaten Yuli Handayani.

Timotius mengungkapkan lama-kelamaan lahan kita itu makin lama makin habis, kebutuhan pangan makin banyak kalau tidak diantisipasi, kita akan sampai pada krisis pangan kalau krisis pangan itu sudah menjadi persoalan yang sulit untuk diatasi, karena apa yang berkaitan dengan pangan itu nanti akan meningkat.

Pada krisis-krisis yang lain, sebelum itu terjadi kita coba antisipasi, kita tingkatkan terus produktivitas di kabupaten Karanganyar sudah surplus tahun kemarin 150.000 ton, tahun ini kita targetkan diatas itu. Upaya-upaya yang kita lakukan nanti akan tidak berhasil kalau kita terganggu oleh organisme pengganggu tanaman, maka perlu dilakukan sinergi antara pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama menanggulangi.

Pemerintah kalau kita punya tanggung jawab yang seluas Karanganyar ini, sementara SDM kita sangat terbatas, maka dengan aplikasi yang disampaikan melalui sego petani ini diharapkan partisipasi itu bisa terbantu secara lebih sistematis. Sehingga intervensinya nanti akan bisa lebih fokus dan juga tepat sasaran, kalau nggak dilakukan dengan presisi bisa saja yang tidak kena hama.(Aw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Kepala Staf Kodim Berikan Wawasan Kebangsaan

KARANGANYAR — Dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah  SMA Negeri 1 Karanganyar, Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudh...