Senin, 29 Agustus 2022

Penyerahan Piala Lomba Kampung Pancasila

KARANGANYAR - Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Penyerahan Piala Kampung Pancasila oleh Kepala Staf Korem 074/Warastratama Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, S. I. P., M.I.Pol. di lapangan Upacara Makorem, Senin 29 Agustus 2022.

Kasrem mengucapkan selamat kepada pemenang lomba Kampung Pancasila yaitu kampung Pancasila dari kelurahan Sidoharjo, kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Prestasi baik ini tentunya perlu dipertahankan dan semoga bisa menularkan ke desa-desa lain disekitar, sehingga pencegahan paham radikalisme dan intoleransi yang diharapkan bisa terwujud. 

Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Bapak Camat, Danramil, Bapak Lurah dan masyarakat Sidoharjo Wonogiri yang telah menyiapkan Kampung Pancasila ini untuk mengikuti lomba Kampung Pancasila Tingkat Korem 074/Warastratama, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Adapun penetapan juara lomba Kampung Pancasila ini ditentukan dari beberapa aspek. Mulai pengembangan keharmonisan, kerukunan umat beragama suku dan ras, sehingga terjadi hubungan yang harmonis, penyiapan posko kegiatan Kampung Pancasila, kegiatan kemasyarakatan yang bertujuan melestarikan nilai yang terkandung dalam butir-butir Pancasila dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta pembuatan gapura kampung dan mural-mural Pancasila.

Kampung Pancasila ini merupakan program atau gagasan Bapak Kasad yang harus kita sukseskan bersama. Pancasila yang memang sudah ada selama ini merupakan bagian dari pertahanan bangsa kita. Pancasila adalah falsafah dan pandangan Negara Indonesia yang telah kita sepakati bersama, dan menjadi tujuan hidup kita sejak jaman negara kita ini berdiri.

Didalam Kampung Pancasila ada beragam agama yang dianut oleh masyarakat, dan diupayakan semuanya harus guyup berdampingan, saling toleransi dan tanpa adanya rasa saling membenci. 

Oleh karenanya, Kampung Pancasila yang berada di Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri ini sangat berpeluang menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya, dalam membumikan dan membudayakan masyarakat serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk, dan bimbingan-Nya kepada kita semua dalam mempersembahkan dharma bakti terbaik kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...