Kamis, 18 Agustus 2022

Tirakatan Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI Ke 77 Tahun 2022

KARANGANYAR - Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Tirakatan Dalam Rangka HUT ke 77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 di ruang rapat paripurna gedung DPRD Kabupaten Karanganyar, Selasa 16 Agustus 2022.

Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono, M.M mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Karanganyar, saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Karanganyar, di bulan Agustus, bulan yang penuh sejarah bagi Bangsa Indonesia, kali ini berbagai acara maupun kegiatan dirancang dalam upaya mengobarkan semangat cinta tanah air dan wawasan kebangsaan serta memupuk persatuan di kalangan masyarakat. Seluruh masyarakat dengan penuh semangat gotong royong melakukan pemasangan umbul umbul, menaikkan bendera Merah Putih serta melaksanakan malam tirakatan seperti malam ini. 

Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke 77 pada tahun ini membawa tema besar "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat", merupakan refleksi bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan kita dalam menghadapi tantangan dan ujian yang dihadapi Bangsa Indonesia ditengah- tengah situasi sulit akibat dampak Pandemi Covid 19 dan resesi global. Di tengah keterpurukan, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan. Kita melihat bagaimana pemerintah dan seluruh elemen masyarakat bersinergi bersama untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor, menuntun kita untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju,"terang Juliyatmono.

Ditambahkan Bupati bahwa perayaan malam tirakatan merupakan bentuk rasa syukur serta renungan spiritual atas nikmat 77 tahun kemerdekaan yang kita rasakan, kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, berterima kasih kepada para pahlawan, sesepuh dan pinisepuh atas semua jasa mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

Sebagai  warga kabupaten Karanganyar, sepatutnya kita meneladani nilai nilai "kepahlawanan Raden Mas Said atau yang lebih dikenal dengan julukan Pangeran Sambernyawa, pahlawan nasional yang merupakan sosok cikal bakal pendiri kabupaten Karanganyar. Raden Mas Said mewariskan ajaran Tri Dharma, yakni Rumangsa Melu Handarbeni (merasa memiliki), Wajib Melu Hangrungkebi (merasa bertanggung jawab), dan Mulat Sarira Hangrasa Wani (berani mengoreksi dirinya sendiri) serta slogan Tiji Tibeh (Mati Siji Mati Kabeh, Mukti Siji Mukti Kabeh). Dengan spirit tersebut Laskar Sambernyawa berhasil mengusir penjajah dari Bumi Intanpari.

Momen malam tirakatan ini, saya mengajak segenap masyarakat kabupaten Karanganyar untuk merapatkan barisan, eratkan persatuan, bulatkan tekad kebersamaan dan kegotongroyongan, hindari rasa dengki, saling mencela, serta sikap primordialisme, kita kobarkan semangat dengan mengukir prestasi yang gemilang demi mewujudkan Karanganyar yang lebih maju. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa meridhoi perjuangan dan upaya kita bersama, Aamiin.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Acara Tradisi Penerimaan Dan Pelepasan Danrem Solo

KARANGANYAR - Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Caban...