Senin, 08 Juni 2020

Antisipasi Bencana Alam Tanah Longsor Kodim Karanganyar Gelar Gladi Posko I

Kodim Karanganyar - Latihan Gladi Posko I tahun 2020 yang digelar oleh Kodim 0727/Karanganyar dengan tema, "Kodim Karanganyar melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Di Wilayahnya Dalam Rangka Membantu Penanggulan Terjadinya Bencana Alam Tanah Longsor", Senin (08/06/2020).


Mengingat Kabupaten Karanganyar terdiri dari pegunungan dan dataran, sangat dimungkinkan terjadinya bencana alam, baik banjir, tanah longsor dan lain sebagainya. Jika bencana itu benar-benar terjadi kita sudah tahu apa yang akan kita perbuat dan langkah antisipasi apa yang akan kita lakukan sesuai dengan standar Protap yang ada.


Begitu pentingnya kegiatan latihan posko ini, maka saya harapkan latihan posko ini dilaksanakan dengan serius, sungguh-sungguh dan bertanggung jawab disertai harapan “Semoga setelah mengikuti latihan posko ini setiap peserta memiliki kemampuan dan kepekaan yang lebih terhadap setiap jenis bencana yang mungkin terjadi di wilayah Karanganyar.


Gladi posko ini bertujuan untuk menyiapkan kekuatan TNI dalam sebuah proses penanganan bencana alam tanah longsor. Latihan Gladi Posko I di buka langsung oleh Komandan Korem 074/Warastratama Brigjen TNI Rafael Granada Baay yang dihadiri oleh Para Dandim se-Surakarta. Dalam latihan tersebut juga melibatkan BPBD Karanganyar, Tagana dan dinas terkait Pemkab Karanganyar.


Danrem yang sekaligus sebagai Komandan Latihan Gladi Posko mengatakan “Yang kita laksanakan ini merupakan latihan taktis tanpa pasukan, yang diharapkan memiliki nilai strategis untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Kodim 0727/Karanganyar, dalam Proses Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT) guna menghadapi tugas-tugas kewilayahan. Sehingga didapatkan kesamaan persepsi dan jelas siapa berbuat apa, terutama dalam memberikan bantuan kepada Pemda untuk mengatasi penanggulangan bencana alam tanah longsor yang terjadi di wilayah," jelasnya.


Selanjutnya saya tekankan, karena Latihan posko dilaksanakan ditengah pandemic Covid-19, untuk pelaksanaan latihan harus sesuai standar protokol kesehatan yang diterapkan WHO, dengan wajib menggunakan masker, menjaga jarak orang perorang dan sterilisasi diri dengan hand sanitizer yang disediakan di setiap sudut ruangan area kegiatan ini. Bagaimanapun juga latihan ini harus tetap berjalan, tanpa mengabaikan standar keamanan diri dari Covid-19.(Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar