Selasa, 30 April 2024

Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., diwakili Kepala Staf Kodim Mayor Chb Sutaryanta mengikuti Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII tahun 2024, bertempat di halaman Sekda Karanganyar.

Adapun arahan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, pada peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXVIII yang dibacakan Zulfikar Hadid, S. H.,  Plh Sekda Kabupaten Karanganyar. Dengan mengusung tema "Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat" diharapkan tujuannya untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab, dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

"Bahwa perjalanan kebijakan otonomi daerah selama lebih dari seperempat abad merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk memaknai kembali arti, filosofi dan tujuan dari otonomi daerah.

"Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintah pusat kepada daerah otonomi untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya sendiri dalam sistem Negara Kesatuan Repiblik Indonesia, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku tentunya memberikan dampak positif berupa meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Kemampuan Fiskal Daerah," ucapnya.

Sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 tahun 2014, otonomi daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan utama, yaitu kesejahteraan dan demokrasi.

Maka oleh karena itu, dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang kuat kita berharap kabupaten Karanganyar mampu menjadi contoh dalam mewujudkan otonomi daerah yang berkelanjutan, berwawasan lingkungan, dan mampu menciptakan ekonomi hijau untuk generasi mendatang.

"Keterlibatan masyarakat adalah kunci kesuksesan otonomi daerah, mari bersama-sama kita dorong partisipasi aktif warga dalam pembangunan kabupaten Karanganyar," tandasnya.(Tr-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bantu Petugas, Babinsa Plosorejo Dampingi Posyandu

KARANGANYAR — Pelayanan Posyandu merupakan kegiatan kesehatan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas, dengan tu...