Asah Kemampuan Babinsa Di Wilayah Dengan Latnister

Posted by kodimkaranganyar on Maret 18, 2020 with No comments
Kodim Karanganyar - Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme Prajurit satuan teritorial, Kodim 0727 Karanganyar menggelar latihan teknis terirorial (Latnister) tahun 2020, Jum'at (13/3). Kegiatan tersebut dipusatkan di desa Sukosari, kecamatan Jumantono dan desa Blorong kecamatan Jumantono serta diikuti seluruh Babinsa jajaran Kodim Karanganyar.

Latnister kali ini, para Babinsa diajak langsung praktek dilapangan, dengan harapan dapat mengetahui sejauh mana Babinsa dalam menerapkan aplikasi yang didapatkan dalam pelajaran teori. Adapun sasaran praktek diantaranya Balai desa  Sukosari dan Balai desa  Blorong, yang kesemuanya berada di wilayah kecamatan Jumantono.

Menurut Kapten Inf Hari Santoso selaku koordinator materi latihan mengatakan, setelah mendapatkan pembekalan secara teori, para Babinsa langsung menerapkannya di wilayah bersama masyarakat. “Karena dalam tugas di wilayah Babinsa langsung bersentuhan dengan masyarakat,” terang Hari.

Dalam pelaksanaan tugas pokoknya Babinsa harus memiliki data-data tentang keadaan Geo, Demo, Komsos yang valid dan lengkap tentang wilayah desa binaan, memiliki peta jaring teritorial desa binaanya, selalu melaksanakan dan memilihara Komsos dengan masyarakat terutama dengan Tomas, Toda, Toga, Todat serta tokoh pemuda,”pungkas Pasiops.

(Lam-Pendim 0727/Kra)