Sabtu, 10 Februari 2024

Kodam IV Diponegoro Bersama Polda Jateng Gelar TFG Di Surakarta

KARANGANYAR — Bertempat di Gedung Warastratama Korem 074/Warastratama, Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Tactical Floor Game Rencana Pengamanan Kegiatan Hajatan Rakyat Bukan Pesta Konglomerat "Gotong Royong" di Benteng Vastenburg, Sabtu 10 Februari 2024 Wilayah Hukum Polresta Surakarta, Jum'at (09/02/2024).

Kapolda Jateng Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.St.MK.SH mengatakan bahwa besok adalah hari terakhir kampanye terbuka. Selama kegiatan kampanye dari tahapan-tahapan sudah dilalui khususnya wilayah hukum Polda Jawa Tengah dan Kodam IV Diponegoro tidak ada hal-hal yang krusial dan fluktuatif.

"Saya himbau kepada rekan-rekan sekalian tetap kepada SOP (Standar Operasional Prosedur) yang kita punyai baik TNI/Polri lalu jaga netralitas berikan pelayanan pada masyarakat yang terbaik hindari adanya konflik-konflik komunal maupun horizontal sehingga kegiatan apapun di wilayah kita tetap terjaga," himbau Kapolda.

"Terkait tahapan Pemilu perlu saya sampaikan kepada rekan-rekan 297 ribu kotak suara berikut surat suara dan perlengkapannya sudah geser dari gudang, dari gudang menuju KPPS tanggal 13 nanti dari KPPS geser ke PPS, nanti dari PPS akan geser ke TPS ini perlu adanya suatu kesamaan sikap baik itu dari teman-teman TNI Kemudian dari panitia penyelenggara yaitu KPU maupun pengawas Bawaslu," ujarnya.

Kapolda menjelaskan TFG dilakukan untuk memberikan kesamaan sikap bagi para peserta baik TNI/Polri menyiapkan sikap dan tindakan terkait dengan SOP yang akan dilakukan.

"Jadi kesamaan sikap ini perlu jangan sampai nanti rantai komando terkait dengan alat maupun personil pergeserannya tidak tepat sasaran termasuk latihan pengendalian anggota, jadi dalam TFG ini akan kita gambarkan bagaimana seorang Komandan satuan dan memegang kesatuan pengendali wilayah baik itu tingkat Kompi, Pleton maupun perorangan " jelasnya.

Kapolda Jateng menegaskan jangan sampai kita TNI Polri menjadi trigger. Kampanye terakhir nanti jangan ada kejadian yang menonjol karena tidak profesionalnya kita.

"Anda hanya akan melakukan terkait dengan ketertiban umum oleh sebab itu di Daerah Persiapan (DP) berikan himbauan ajak tertib untuk berlalu lintas terkait larangan menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi agar tidak terjadi adanya keterlibatan umum," imbuhnya.

Selain itu Kapolda Jateng juga menekankan bahwa cara bertindak kita kuncinya hanya pengaturan, penjagaan dan pengawalan.

"Terakhir sekali lagi gunakan persuasif dan preemtif. Dan apabila diperlukan Preventif atau penegakan hukum gunakan PP nomor 60 tahun 2017 tentang izin keramaian dan pemberitahuan kegiatan politik," pungkas Kapolda.

Dalam rangka Pengamanan Kegiatan Hajatan Rakyat Bukan Pesta Konglomerat " Gotong Royong" di Beteng Vasternburg pada hari Sabtu tanggal 10 Februari 2024. Polresta Surakarta akan menerjunkan 1.277 personil dengan rincian personil Polresta Surakarta 422 personil, BKO TNI, Polda Jateng , Brimob dan Polres Jajaran Solo raya sebanyak 855 personil.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cegah Stunting Dalam Program TMMD Sengkuyung I Desa Kalijirak

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., bersama Pj. Bupati Karanganyar Timotius Suryadi...