Selasa, 06 Februari 2024

Rakor Persiapan Distribusi Logistik Pemilu Ta 2024

KARANGANYAR - Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., diwakili Kapten Arh Heru Nugroho Danramil 01/Karanganyar menghadiri Rakor Persiapan Distribusi Logistik Pemilu Ta 2024, di Taman sari hotel, Kabupaten Karanganyar, Jum'at (02/02/2024).

Terkait persiapan distribusi logistik Pemilu 2024   memerlukan peran dari semua pihak jadi tidak hanya KPU , semua yang kami undang hari ini memiliki peran sangat penting dalam proses pendistribusian logistik kami berharap proses distribusi logistik nanti bisa berjalan dengan baik," ungkap Daryono., S.I.Kom Ketua KPU Kabupaten Karanganyar.

Untuk distribusi logistik ini menggunakan sistem logistik sistem informasi logistik (Silog) dari KPU RI. Kepada Para stakeholder nanti mohon untuk memberikan masukan dan saran untuk kelancaran pesta demokrasi.

Proses packing kotak suara sudah mau selesai hanya tinggal beberapa desa yang belum selesai, karena kemarin ada beberapa kekurangan surat suara sehingga kita menunggu surat suara dari Semarang. Target dari KPU RI  tanggal 31 Januari 2024 sudah selesai, sampai dengan saat ini kesiapan sudah 97 %.

Untuk jumlah TPS di Karanganyar ada 3.200 TPS, dalam logistik tersebut ada suara, formulir, perlengkapan surat suara perlengkapan pemungutan suara, juga ada bilik jumlahnya 12.800 dan nanti setiap TPS itu masing-masing 4 bilik.

Mekanisme pendistribusian logistik dari gudang KPU dilanjutkan ke Gudang PPK setelah itu ke Gudang PPS, tentunya dengan pengawalan TNI Polri dan pengawasan dari Bawaslu. Terkait pendistribusian logistik pemilu di tiap KPU Kabupaten itu bisa berbeda-beda, hanya sesuai regulasi semua logistik itu harus diterima oleh PPS atau di TPS itu maksimal h-1 yaitu tanggal 13 Februari 2024. Pendistribusian dimulai tanggal 9-11 Januari 2024, sejauh ini kami sudah melakukan pengecekan dan turun langsung ke lapangan dalam pengecekan gudang logistik di seluruh Gudang di Kabupaten Karanganyar, begitu juga pengecekan sinyal untuk pengaplikasian Silog KPU.

Hal yang mungkin harus jadi perhatian kita bersama dalam pendistribusian harus tepat jumlah, tepat jenis dan tempat lokasi, hal ini pentingnya ketelitian dari petugas.

Persiapan kendaraan pengangkut logistik juga menjadi faktor utama dalam pendistribusian logistik, supaya kendaraan juga bersih dari gambar salah satu paslon maupun gambar berbau politik, karena hal ini bisa menjadi viral dan di salah artikan. Gudang logistik di PPK dan PPS di siapkan kelayakannya supaya surat suara menjadi aman, kita harus persiapan alat pemadam kebakaran dan beberapa faktor lainnya.

Pengamanan gudang juga harus disiapkan dari pihak keamanan, semua harus berjalan tepat waktu, logistik harus di terima H-1, kendaraan pengangkut logistik harus tidak ada gambar yang berbau politik.

Saudari Umi Admin Silog KPU mengungkapkan, untuk pengenalan Silog (Sistim Informasi Logistik) dari PPK dan PPS untuk menunjuk satu orang sebagai admin, untuk pengoperasian sistim Silog, nanti akan diberikan akun dari KPU Pusat,  selanjutnya para Admin untuk mencoba akun, dan menitik lokasi, dalam pengoperasian Silog menggunakan HP. Saat penerimaan logistik di foto dan dimasukkan pada sistem Silog.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Serda Khoiri Dampingi Dan Pantau Pengaspalan Jalan Dusun Dungjagan

KARANGANYAR — Babinsa Koramil 07/Matesih Serda Khoiri bersama melaksanakan pendampingan dan pemantauan pembangunan Send Sheet atau Pengaspal...