Rabu, 10 Januari 2024

Apel Kesiapsiagaan Pangdam Tekankan Pegang Teguh Integritas Dan Komitmen Netralitas TNI

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., bersama Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kodim 0727/Karanganyar mengikuti Apel Kesiapsiagaan Satuan Jajaran Kodam IV/Diponegoro wilayah Soloraya di Lapangan Upacara Makorem Warastratama, Surakarta, Selasa (09/01/2024).

Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Ali Akhwan, S.E., mewakili Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi R, S.Sos. pimpin Apel kesiapsiagaan Pengamanan Pemilu tahun 2024 di satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 074/Warastratama membacakan sambutan Pangdam IV/Diponegoro.

Mengawali sambutannya, Pangdam mengatakan bahwa apel ini bertujuan untuk mengecek dan memastikan kesiapan pasukan dan perlengkapan satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro dalam menghadapi tugas pengamanan Pemilu yang saat ini sedang berlangsung rangkaian tahapannya.

Pangdam menjelaskan bahwa tahapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif tentunya memiliki potensi konflik yang tinggi dan kompleks.

"Untuk itu, guna menjamin keamanan dan kelancaran pesta demokrasi rakyat tersebut, kita dituntut untuk mampu bekerja sama dengan seluruh komponen bangsa untuk mewujudkan stabilitas keamanan dan kondusifitas wilayah," kata Mayjen TNI Tandyo Budi R, S.Sos.

"Kita tidak boleh mengesampingkan potensi konflik sekecil apapun dan harus dapat mengantisipasi agar tidak berkembang menjadi konflik besar yang dapat mengancam keutuhan bangsa," tegas Pangdam.

Pangdam juga menekankan agar kita semua berpegang teguh pada integritas dan komitmen netralitas TNI.

"Netralitas adalah komitmen kita untuk tidak berpolitik praktis dengan mendukung salah satu calon yang saat ini sedang berkontestasi dan hal tersebut tidak bisa ditawar-tawar lagi karena menjadi kunci kepercayaan masyarakat terhadap institusi TNI," imbuhnya.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TNI Bersama Warga Ratakan Tanah Persiapan Pengecoran Jalan TMMD Kalijirak

KARANGANYAR — Warga desa Kalijirak Kecamatan Tasikmadu bersama anggota TNI tampak antusias dalam kegiatan  TMMD (TNI Manunggal Membangun Des...