Rabu, 24 Januari 2024

Mewujudkan Koperasi Yang Sehat Melalui Rapat Anggota Tahunan

KARANGANYAR – Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., diwakili Kepala Staf Kodim Mayor Chb Sutaryanta menghadiri Rapat Anggota tahunan ke 56 Primkop Kartika D-07 Kodim 0727/Karanganyar tutup buku tahun 2023. Dengan mengusung tema, "Kita Tingkatkan Kebersamaan Inovasi Bisnis Dan Soliditas Jaringan Usaha Menuju Koperasi Angkatan Darat Yang Berkualitas" bertempat di aula Hotel Permatasari Tasikmadu, Selasa (23/01/2024).

Dijelaskan Mayor Sutaryanta bahwa rapat anggota merupakan kekuasaan tertinggi dalam koperasi, dan merupakan kewajiban vagi pengurus untuk menyampaikan pertanggungjawaban kepada anggotanya. Dan sebaliknya merupakan kewajiban bagi anggota untuk ikut serta melaksanakan pengawasan dalam rangka berpartisipasi untuk meningkatkan program - program koperasi, juga bersama-sama dengan pengurus untuk memecahkan permasalahan yang ada.

Rapat anggota tahunan ini dapat dijadikan wahana evaluasi program koperasi untuk musyawarah dan mufakat agar menghasilkan keputusan-keputusan demi perbaikan program koperasi dalam kurun waktu satu tahun mendatang. Jadikanlah temuan-temuan di masa lalu untuk menyempurnakan kegiatan dan program di tahun mendatang.

Dengan demikian Koperasi di lingkungan TNI Angkatan Darat merupakan sarana untuk membantu pimpinan angkatan darat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ekonomi, dan sosial anggota dan keluarganya. Amanah ini akan tercapai dan terlaksana di lapangan apabila koperasi berpedoman pada UU No. 25 Tahun 1992 sebagai wujud dari antisipasi pemerintah terhadap globalisasi ekonomi, Koperasi sebagai badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum, yang berlandaskan prinsip gerakan ekonomi rakyat dan berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Pengurus harus berani meraih peluang yang ada serta membuat terobosan dan bermitra dengan pelaku ekonomi lain yang sehat manajemennya, sehingga dapat saling membutuhkan dan menguntungkan. Keberanian dan ketelitian semacam itu sangat dibutuhkan dalam dunia wira usaha untuk mendapatkan keuntungan atau pendapatan di luar Modal koperasi itu sendiri. Kuasa ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai perkembangan zaman semakin maju.

Mudah-mudahan koperasi kita mendapat ridho dan karunia-Nya serta berkembang demi kesejahteraan kita bersama.(Tr-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuatkan Persatuan Dan Kesatuan Melalui Sarasehan Kebangsaan

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., diwakili Danramil 16/Colomadu Kapten Inf Suwarn...