Jumat, 19 Januari 2024

Pangdam IV Diponegoro Pimpin Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Pemilu Tahun 2024

KARANGANYAR — Bertempat di Lapangan Upacara Korem 074/ Warastratama, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi R, S.Sos, pimpin Apel Kesiapsiagaan Kodam IV/Diponegoro dalam rangka kesiapan Pengamanan Pemilu tahun 2024, Rabu (17/01/2024).

Apel kesiapsiagaan pengamanan pemilu 2024 ini digelar secara serentak dengan melibatkan satuan dari TNI AD, TNI AU, TNI AL, Polri dan Linmas, dilaksanakan 8 titik lokasi di wilayah Provinsi Jateng dan Provinsi DIY dengan jumlah total 5.610 personel, selanjutnya gelar pasukan siaga 1 peleton akan disiagakan di masing masing Kodim serta di wilayah Korem akan disiapkan 1 SSK satuan Batalyon yang stand by di satuan masing-masing.

Dalam sambutannya, Pangdam mengatakan bahwa apel ini bertujuan untuk mengecek dan memastikan kesiapan pasukan dan perlengkapan satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro dalam menghadapi tugas pengamanan Pemilu yang saat ini sedang berlangsung rangkaian tahapannya.

Pangdam menjelaskan bahwa tahapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif tentunya memiliki potensi konflik yang tinggi dan kompleks.

"Kita harus bekerja sama dengan seluruh komponen bangsa untuk mewujudkan stabilitas keamanan dan kondusifitas wilayah," kata Pangdam.

Pangdam menekankan agar kita semua berpegang teguh pada integritas dan komitmen netralitas TNI.

"Netralitas adalah komitmen kita untuk tidak berpolitik praktis dengan mendukung salah satu calon yang saat ini sedang berkontestasi dan hal tersebut tidak bisa ditawar-tawar lagi karena menjadi kunci kepercayaan masyarakat terhadap institusi TNI," imbuhnya.

Diakhir sambutan, Pangdam menyampaikan beberapa penekanan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas seluruh Prajurit Kodam IV/ Diponegoro.

Hadir dalam apel tersebut, Danlanud Adi Soemarmo, Danrem 074/Warastratama, Kapolresta Surakarta, Wakil Walikota Surakarta, para Komandan Kodim, Para Kabalak Aju Kodam IV/Diponegoro, serta Prajurit TNI-Polri Se-Soloaya.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cegah Stunting Dalam Program TMMD Sengkuyung I Desa Kalijirak

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., bersama Pj. Bupati Karanganyar Timotius Suryadi...