Rabu, 31 Januari 2024

Peran TNI Dalam Mewujudkan Pemilu Yang Kondusif Dan Damai Guna Menjaga Keutuhan NKRI

KARANGANYAR - Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., diwakili oleh Kapten Cpl Sutatna Danramil 02/Tasikmadu menjadi Narasumber Sarasehan ICMI Orda Karanganyar, di Ruang Anthorium Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rabu (31/01/2024).

Kapten Cpl Sutatna mengatakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden anggota DPD, DPRD, DPR RI dilaksanakan secara langsung, umum bebas dan rahasia, jujur dan adil dalam NKRI berdasar kepada Pancasila dan Undang-undang dasar 1945.

Adapun Tugas TNI dalam pemilu sbb:
1) melaksanakan pemetaan daerah rawan konflik.
2) memaksimalkan perbantuan kepada polri.
3) melaksanakan pembinaan teritorial
4) mengoptimalkan peran forkopimda.

TNI ikut memantau situasi kondisi adanya pelanggaran pada saat masa kampanye, maka segera kordinasi dengan kepolisian terdekat. Pada masa tenang Prajurit TNI ikut memantau situasi kondisi dengan segera kordinasi dengan kepolisian terdekat. Dalam pemungutan suara prajurit TNI memantau dan mengawasi dari jarak aman.

Prajurit TNI harus menjauhkan dan mengamankan penduduk/masyarakat dari setiap perbuatan yang berniat untuk menghalang-halangi, mengintimidasi dan mencegah/melarang masyarakat yang akan memberikan suara.

Prajurit TNI juga perlu menjauhkan dan mengamankan penduduk/masyarakat dari setiap kegiatan provokasi yang berniat memecah belah menimbulkan kerusuhan hingga pertikaian terbuka.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuatkan Persatuan Dan Kesatuan Melalui Sarasehan Kebangsaan

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., diwakili Danramil 16/Colomadu Kapten Inf Suwarn...