Senin, 04 Maret 2024

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Dan Pencanangan Aksi Keselamatan

KARANGANYAR — Polres Karanganyar melaksanakan apel operasi keselamatan lalu lintas dan pencanangan aksi keselamatan yang dilaksanakan di jalan Lawu-Karanganyar depan Mapolres  Karanganyar, Sabtu 02/03/2024. Turut hadir Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., diwakili Kepala Staf Kodim Mayor Chb Sutaryanta.

Amanat Kapolda Jawa Tengah yang dibacakan oleh Pj. Bupati Karanganyar, Timotius Suryadi, S.Sos.M.Si, yaitu Polri diberi tugas untuk meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik. Hal ini merupakan permasalahan yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh fungsi lalu lintas sendiri melainkan perlunya sinergitas semua stakeholder. 

Dalam rangka mewujudkan cipkon Kamseltibcar lantas menjelang ramadhan dan Idul Fitri 1445 H tahun 2024, sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan, polri telah menetapkan kalender operasi keselamatan lalu lintas yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Polda Jateng menggelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2024 selama 14 hari, mulai dari tanggal 04 Maret hingga 17 Maret 2024 yang juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Dengan mengambil tema Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 "Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju".      

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi TA. 2024 mengedepankan giat preemtif, preventif disertai gakkum dengan humanis dan edukatif. Tujuan digelarnya operasi ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas sehingga tercipta kamseltibcarlantas. Diharapkan dapat berjalan lancar dan memberikan hasil positif dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat.

Perlu diketahui bersama bahwa data jumlah pelanggaran lalu lintas tahun 2023 sebanyak 664.480 pelanggaran, dibandingkan dengan tahun 2022 sebanyak 750.656 pelanggaran, turun 11% atau (86.176 pelanggaran). Jumlah tilang tahun 2023 sebanyak 278.022 lembar, dibandingkan tahun 2022 sebanyak 485.368 lembar, mengalami penurunan.

Ditambahkan Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy, S.I.K.Msi. dalam sambutannya mengatakan apel operasi keselamatan lalu lintas dan pencanangan aksi keselamatan digelar dari duta keselamatan lalulintas ada juga dari Organda, ojek sekolah dengan mengundang mereka, kita mendengar semua ikrar mereka siap selalu kerjasama menjadi atau corong penyampaian kita kepada masyarakat, bahwa kita sedang melaksanakan oprasi ketertiban lalulintas agar masyarakat lebih sadar berlalulintas.(Sw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan Menembak Untuk Tingkatkan Kemampuan Menembak Prajurit

KARANGANYAR — Guna meningkatkan kemampuan menembak anggota Kodim 0727/Karanganyar pagi ini melaksanakan latihan menembak senjata ringan atau...