Senin, 28 Februari 2022

Anggota Koramil Tawangmangu Bersama Relawan Gunung Lawu Evakuasi Korban Pendaki Gunung Lawu

KARANGANYAR - Seorang pendaki bernama Yusuf (40) warga Kota Tangerang meninggal dunia saat mendaki Gunung Lawu, Karanganyar, Senin 28 Februari 2022. Korban merupakan bagian dari  115  anggota rombongan jamaah spiritual Ponpes Mambong, Banyu Biru, Salatiga, Jateng.

Informasi yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM menyebutkan rombongan Ponpes tersebut mendaki Gunung Lawu sejak Sabtu 26 Februari 2022. Tujuan rombongan tersebut hendak melakukan ritual doa-doa di Gunung Lawu dan sedianya Senin (28/2/2022) turun dari Gunung Lawu.

Namun sesampai Pos 4 sekitar pukul 01.30 WIB Yusuf mengalami Hipotermia kedinginan akut. Berbagai pertolongan temannya dilakukan hingga membakar mantol untuk api-api penghangat tubuh.

Setelah tidak ada perubahan, akhirnya rombongan tersebut menghubungi petugas jaga atau relawan Gunung Lawu. Selanjutnya sebanyak 70 relawan yang ada di Karanganyar naik ke Pos 4 untuk mengevakuasi korban.

"Korban berhasil dievakuasi oleh relawan gunung lawu juga anggota Koramil 08/Tawangmangu Serka Edi Purwanto dan Serma Susilo serta anggota Polsek Tawangmangu hingga dibawa ke Puskesmas Tawangmangu pukul 07.00 WIB pada posisi masih hidup, meski kondisi lemas dan tak sadarkan diri. Namun selang satu jam kemudian tepatnya pukul 08.15 WIB korban menghembuskan nafas yang terakhir," ungkap Relawan Anak Gunung Lawu AGL, Budi (40) saat dihubungi JOGLOSEMARNEWS.COM.

Menurut Budi korban kedinginan, karena sebelumnya terjadi hujan di Gunung Lawu. Sedangkan sebanyak 114 temannya selamat tidak mengalami hipotermia.

Sementara itu Koordinator Pos Jaga Basarnas Surakarta, Arief Sugiyarto SH (52) mengatakan pertolongan dilakukan dengan cepat, namun karena kondisi korban sudah lemah akhirnya meninggal dunia usai dievakuasi. Ya benar kondisi korban sudah terlalu lama kedinginan, sehingga tak bisa terselamatkan," ungkapnya.

Hingga Senin siang rombongan masih di Tawanangu guna berkordinasi membawa pulang jenazah ke Tangerang.(JS/Sw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TNI Polri Bersinergi Melaksanakan Apel PAM RI I

KARANGANYAR - Kapten Inf Hari Santoso Pasiops Kodim mewakili Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P. b...