Jumat, 20 Mei 2022

Melalui Vidcon Jendral Dudung Resmikan Titik Sumber Air TNI AD Manunggal Air Bersih Jenawi

KARANGANYAR ¬– Melihat kondisi didaerah terpencil yang kekurangan air bersih, TNI AD merasa terpanggil untuk melakukan tindakan yaitu melalui program TNI manunggal Air bersih.

Seperti yang dilaksankan TNI AD, Jendral TNI Dudung Abdurahman, S.E.,M.M (Kepala Staf TNI Angkatan Darat) menyampaikan. Dengan penuh rasa syukur pada hari ini kita berbahagia bisa melaksanakan acara peresmian titik sumber air bersih program TNI manunggal Air di wilayah kecamatan Jenawi.

Sumber daya air bersih merupakan salah satu unsur utama elemen serta mempunyai peranan penting untuk kelangsungan hidup, meningkatkan taraf hidup manusia, hewan dan tumbuhan dibumi, seiring meningkatnya populasi manusia kebutuhan air bersih semakin tinggi di beberapa wilayah Indonesia ternyata juga mengalami permasalahan dengan air bersih.

Diperlukan sebuah sistem dan tata kelola yang baik untuk mencukupi akan air bersih pada daerah yang kurang pasokan air bersih,dalam hal ini solusi dari TNI AD adalah program penyediaan air bersih melalui pemasangan pompa Hidram (hydraulic ram pump) yang cara kerjanya cukup efektif untuk pemenuhan daerah perbukitan yang kekurangan air bersih.

Operasionalnya alat ini mempunyai keuntungan dibandingkan dengan jenis pompa lainnya, antara lain tidak membutuhkan sumber tenaga tambahan dan biaya operasionalnya sangat murah serta tidak memerlukan pelumasan hanya mempunyai dua bagian yang bergerak, sehingga memperkecil terjadinya keausan.

Alat ini perawatannya sederhana dan dapat bekerja dengan efisien pada kondisi yang sesuai, serta dapat dibuat dalam peralatan bengkel yang sangat gampang, kedepan program pembangunan pompa hidram ini oleh masyarakat banyak akan terus dikembangkan dan dilanjutkan di berbagai wilayah, ini sebagai salah satu wujud kepedulian dan pengabdian dari TNI Angkatan Darat kepada masyarakat.

Penekanan saya selaku KASAD, TNI AD harus berada di tengah masyarakat untuk mengatasi kendala dan kesulitan masyarakat, Semoga program ini dapat membantu, bermanfaat bagi masyarakat untuk mengatasi kesulitan masyarakat terkait air bersih.

Turut hadir dalam acar vicon Peresmian Titik Sumber Air TNI AD Manunggal Air Bersih bersama Kasad di Dukuh Terong Desa Lempong kecamatan Jenawi kabupaten Karanganyar. Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Achiruddin, S.E., Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo, S.I.P., dan Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono serta Forkopimda kabupaten Karanganyar. Kamis (19/05/2022)

Adapun Jumlah sasaran pengaliran dalam Program TNI AD Manunggal Air di Kecamatan Jenawi antara lain 303 KK terdiri dari ± 1027 jiwa yang meliputi dusun Plosorejo, dusun Turong, dusun Wates dan dusun Watukutil. Kegiatan Program TNI AD Manunggal Air desa Lempong kecamatan Jenawi telah dilaksanakan selama 2 Minggu dimulai dari hari Senin tanggal 21 Maret 2022.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sinergitas TNI, Polri Dan Satpol PP Dalam Mencegah Penyebaran Covid 19 Terus Digencarkan

KARANGANYAR - Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kecamatan Karanganyar terus digalakkan, Serda Sujaed anggota Koramil 01...