Kamis, 07 Desember 2023

Meminimalisir Terjadinya Banjir Dan Wabah Penyakit Kodim Karanganyar Laksanakan Karbak

KARANGANYAR — Pasar adalah institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur tempat usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian.

Tidak hanya itu pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli, pasar menempati posisi penting dalam kehidupan serta aktivitas yang melibatkan penjualan dan pembelian, pada akhirnya menghasilkan limbah dalam jumlah besar. Banyaknya sampah atau limbah yang dihasilkan oleh aktivitas warga membuat sebagian orang enggan pergi ke pasar karena dinilai kurang sehat. 

Supaya pasar tetap sehat dan bersih maka anggota Kodim 0727/Karanganyar hari ini melaksanakan kegiatan karya bakti pembersihan pasar bersama-sama dengan Ormas, FKPPI, perguruan silat, paguyuban becak, paguyuban jasa gendong dan warga pasar. Dalam kegiatan pembersihan meliputi menyapu sampah dan membuang ditempat sampah, mengeringkan lantai dan tanah yang tergenang air dan membersihkan selokan air supaya lancar.

Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., mengatakan bahwa seluruh jajaran Kodim Se-Indonesia tak terkecuali Kodim Karanganyar melaksanakan kegiatan karya bakti dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan wabah penyakit jelang musim penghujan, kegiatan Karya Bakti ada 3 sasaran yaitu Pasar Jongke, Pasar Nglano dan Sungai Siwaluh serta penanaman pohon di bantaran sungai Bengawan Solo.

"Tujuan dari karya bakti ini adalah, guna mencegah bencana banjir dan timbulnya penyakit. Seperti kita ketahui sekarang adalah masuk musim penghujan, sehingga pasar menjadi kotor dan becek, petugas kebersihan pasar yang terbatas tentu kewalahan, untuk itu TNI hadir untuk membantu pembersihan.

"Pembersihan selokan juga akan kita laksanakan guna menormalisasi aliran air supaya lancar dan tidak terjadi genangan dan banjir, selanjutnya penanaman pohon di bantaran sungai Bengawan Solo desa Ngringo, dengan tujuan mencegah erosi dan longsor, penanaman pohon sangat tepat pada saat memasuki musim hujan sehingga tidak perlu menyiram.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mencegah atau meminimalisir terjadinya banjir dan longsor, maupun penyebaran penyakit serta meningkatkan keindahan dan kebersihan.(Sw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dandim Karanganyar Menjadi Narasumber Wasbang Peresmian Desa Pancasila

KARANGANYAR — Sosialisasi pembinaan Ideologi Pancasila dan sekaligus peresmian Desa Pancasila, bertempat di Gedung pertemuan Mantep Karangpa...