Selasa, 05 Desember 2023

Penandatanganan Nota Kesepahaman Kementerian Pertanian Dengan TNI Tahun 2023

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., bersama Ibu Siti Maesaroh, M.Si Kadis Pertanian Kabupaten Karanganyar didampingi Sfat Dinas Pertanian melaksanakan Vicon Penandatanganan Nota kesepahaman kementerian pertanian dengan Tentara Nasional Indonesia Tahun 2023 di aula ruang data Kodim Karanganyar, Senin 04 Desember 2023.

Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. mengatakan Ketahanan pangan Indonesia pada 2022 berada di urutan ke 69 dari 113 negara, dan di bawah rata-rata global sebesar 62,2. Rata-rata Asia Pasifik pun lebih tinggi sebesar 63,4.

Kondisi saat ini di berbagai belahan negera terjadi krisis pangan. Hampir setiap negara tidak eskpor bahan pangan masing-masing. Karena setiap negara mengalami musim yang tidak menentu. Kedepan kita punya program ketahanan pangan untuk menjadi lumbung pangan dunia, dengan kerjasama antara TNI dan Kementrian Pertanian RI. Upaya ini untuk peningkatan produksi diantaranya dengan:

1). Penuhi Kebutuhan pupuk.
2). Benih unggul bermutu.
3). Mekanisasi atau Alsintan.
4). Taram di rawa mineral 1 jt Ha.
5). Tanam di rawa tadah hujan 1 jt Ha.
6). PIP dan PAT padi 1,29 jt Ha.
7). PIP dan PAT jagung 2 jt Ha.
8). ABT 2023 Rp 5,83 T.
9). ABT 2024 Rp 48,44 T.
10)  ABT subsidi pupuk 2023 Rp 5,09 T.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, SE.,M.Si terimakasih atas inisiatifnya untuk menjalin kerjasama dengan TNI, dalam hal ini pendampingan percepatan pangan dan pemanfaatan lahan kosong menjadi lebih maxsimal.

Banyak lahan-lahan kosong kita yang sekarang tidak dimanfaatkan dengan baik, kedepan kita ini proses administrasinya pelan-pelan akan kita manfaatkan untuk ketahanan pangan.
 
Jendral TNI Agus juga menyambut baik program utama nasional melalui
penandatanganan nota kesepahaman kementerian pertanian dengan Tentara Nasional Indonesia. Semoga  meningkatkan kwalitas kerjasama sampai ditingkat kabupaten.(Rh-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Serda Khoiri Dampingi Dan Pantau Pengaspalan Jalan Dusun Dungjagan

KARANGANYAR — Babinsa Koramil 07/Matesih Serda Khoiri bersama melaksanakan pendampingan dan pemantauan pembangunan Send Sheet atau Pengaspal...