Senin, 25 Desember 2023

PHI Mengusung Tema Perempuan Berdaya, Indonesia Maju

KARANGANYAR – Guna mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menggelar Upacara Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-95, Jum'at (22/12/2023). Komandan Kodim 0727/Karanganyar diwakili Danramil 01/Karanganyar Kapten Arh Heru Nugroho.

Pada tahun ini PHI ke-95 Tahun 2023 mengangkat tema "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju". Pengambilan tema ini juga mempertimbangkan kondisi dan isu-isu prioritas saat ini.

Dalam membacakan sambutan, Pejabat (Pj) Bupati Karanganyar Timotius Suryadi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara menegaskan, peran perempuan dalam pembangunan keberlangsungan dan pergerakan perempuan Indonesia dalam berorganisasi secara demokratis.

"Pergerakan perempuan dalam pembangunan tentunya tidak terlepas dari dukungan semua pihak, baik pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat. Untuk itu, semua upaya dan langkah diharapkan mampu berjalan sesuai dengan prinsip "equal partnership," tuturnya.

PHI dirayakan oleh seluruh dunia setiap tanggal 22 Desember. Di Indonesia, PHI didasari oleh momentum diselenggarakannya Kongres Perempuan Pertama pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta yang menjadi titik penting pergerakan perempuan.

Momentum bersejarah ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Ibu oleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cegah Stunting Dalam Program TMMD Sengkuyung I Desa Kalijirak

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., bersama Pj. Bupati Karanganyar Timotius Suryadi...