Rabu, 15 Mei 2024

Anggota Kodim 0727 Karanganyar Melaksanakan Garjas Periodik Semester I

KARANGANYAR — Prajurit Kodim 0727/Karanganyar melaksanakan test kesegaran jasmani (garjas) samapta periodik l tahun 2024 di halaman Makodim dan sekitar Alun-alun kabupaten Karanganyar, untuk renang dilaksanakan di kolam renang Intanpari kabupaten Karanganyar, Selasa (14/05/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik Prajurit, sekaligus mengukur kemampuan kesamaptaan jasmani seorang Prajurit secara berkala.

Pelaksanaan Samapta ini, meliputi Samapta A, B dan C. Samapta A yakni lari 12 menit yang dilaksanakan di alun-alun kabupaten Karanganyar dan tes kesegaran B meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, Lunges dan Shuttle Run dilaksanakan di halaman Makodim, serta Semapta C Renang Militer dilaksanakan di kolam renang Intanpari kabupaten Karanganyar.

Kegiatan garjas samapta dimulai dari pemeriksaan oleh tim kesehatan klinik Pratama Kartika 27 Kodim 0727/Karanganyar, dan dilanjutkan dengan senam perenggangan yang dipimpin oleh tim Jasrem 074/Warastratama.

Mewakili Dandim 0727/Karanganyar, Pasiops Kodim 0727/Karanganyar Kapten Inf Agus sebagai koordinator umum menyampaikan bahwa kegiatan tes kesegaran jasmani (garjas) sebagai tolak ukur pembinaan satuan, dan merupakan program yang harus dilaksanakan secara periodik yaitu satu tahun 2 kali.

"Kegiatan tes garjas ini merupakan program dari komando atas, dan saat ini masuk pada periodik pertama pada tahun 2024," jelas Agus.

Kapten Agus juga mengimbau kepada seluruh Prajurit yang mengikuti agar tetap melaksanakan sesuai petunjuk dan aturan kegiatan garjas, mulai dari pemeriksaan tensi, penimbangan berat badan, senam peregangan hingga pelaksanaan.

"Untuk itu, kepada Prajurit tetap perhatikan faktor keamanan, apabila ada yang mempunyai kendala kesehatan seperti tensi tinggi harap laporan, tetap semangat, tapi tetap jaga faktor keamanan," pesannya.(Tr-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan Menembak Untuk Tingkatkan Kemampuan Menembak Prajurit

KARANGANYAR — Guna meningkatkan kemampuan menembak anggota Kodim 0727/Karanganyar pagi ini melaksanakan latihan menembak senjata ringan atau...