Kamis, 30 Mei 2024

Babinsa Harjosari Memberikan Motivasi Kepada Petani Agar Semangat

KARANGANYAR — Sertu Wardoyo anggota Koramil 06/Karangpandan melaksanakan komunikasi sosial dengan Petani Padi dusun Bakalan desa Harjosari, dengan memberikan motivasi kepada petani agar lebih bersemangat dalam bekerja guna meningkatkan ketahanan pangan Nasional.

Sertu Wardoyo sebelum pengolahan lahan pertama menggunakan traktor dilakukan pemotongan batang padi yang ada dipinggir sawah, hal itu untuk mempermudah dalam pembajakan lahan persawahan. Dengan cara ini dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah.

Kemudian setelah dilakukan pembajakan dengan alat traktor, lahan didiamkan satu minggu, supaya rumput membusuk menjadi humus, dan berubah sifat fisik tanahnya, selanjutnya tinggal diratakan dengan cangkul agar menjadi datar dan melumpur.

Lapisan tanah yang semula keras di balik menjadi gembur dan melumpur, dilanjutkan dengan penggaruan sambil di airi, sehingga lahan sawah benar - benar siap untuk di tanami padi. Melalui pengolahan lahan yang baik dan benar maka sesuai di tanami padi akan tumbuh berkembang.

"Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati, yang kemudian akan membusuk menjadi humus. Airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air, sehingga dapat menghemat air," ujarnya.

Pendampingan ini sebagai bagian dari upaya khusus ketahanan pangan, sekaligus wujud nyata keseriusan para Babinsa dalam mendukung dan mensukseskan swasembada pangan yang diprogramkan pemerintah,"tutupnya.(Sw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III Desa Karanglo

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., bersama Forkopimda Kabupaten Karanganyar mengha...