Rabu, 08 Mei 2024

Pembinaan Dan Pembagian Bantuan Pompa Air Dalam Menambahkan Areal Tanam

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri undangan pembinaan dan pembagian bantuan pompa air dalam rangka menambahkan areal tanam di halaman kantor Dinas Pertanian Pangan Dan Perikanan Kabupaten Karanganyar, Senin (06/05/2024).

Dalam kesempatan tersebut Timotius Suryadi, S.Sos.,M.Si., Pejabat Bupati Karanganyar mengungkapkan, Bantuan yang kali ini disampaikan ada 41 pompa dengan 3 pembagian brigade, yaitu 1 brigade untuk jajaran TNI, 1 brigade untuk jajaran Dispertan, dan 1 brigade untuk masyarakat.

Kemampuan pemerintah terbatas, banyak kendala yang dihadapi juga antara lain situasi iklim dan pemanasan global yang mengakibatkan musim kemarau semakin panjang. Saat musim kemarau terjadi bisa jadi alat ini ada tapi airnya tidak ada, begitu pula sebaliknya. Sehingga jika TNI dan Dispertan sama-sama mempunyai alat, maka dapat mengatasi kesenjangan.

"Kita berharap produktifitas lahan (baik pangan maupun non pangan) dapat dikembangkan potensinya sesuai dengan perkembangan teknologi", ujarnya.

Siti Maisyaroch, M.Si., Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar menambahkan, Pada tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Karanganyar mendapat bantuan pompa sebanyak 41 unit pompa. Masing-masing pompa ditargetkan untuk mengairi 10 hektar sawah. Sehingga 410 hektar sawah dapat terairi.

Pembagian pompa yaitu 6 unit pompa untuk brigade Kodim, 9 pompa untuk brigade Dispertan, dan 26 pompa untuk kelompok tani yang berada di Gondangrejo, Kerjo, Mojogedang, Karanganyar, dan Jatiyoso. Sampai akhir April sudah tercapai perluasan sebanyak 90 hektar, dan target 410 hektar harus sudah tercapai sampai akhir Juli 2024,"ungkapnya.(Tr-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan Menembak Untuk Tingkatkan Kemampuan Menembak Prajurit

KARANGANYAR — Guna meningkatkan kemampuan menembak anggota Kodim 0727/Karanganyar pagi ini melaksanakan latihan menembak senjata ringan atau...