Jumat, 31 Mei 2024

Apem Bersinergi Dalam Mengantisipasi Dampak Perubahan Iklim

KARANGANYAR — Kodim 0727/Karanganyar menguatkan sinergitas dengan Aparat Pemerintah setempat, melalui kegiatan Komsos (Komunikasi Sosial) dengan tema "TNI AD Bersama Aparat Pemerintah Bersinergi Dalam Mengantisipasi Dampak Perubahan Iklim", bertempat di aula Kecamatan Jaten, Kamis (30/05/2024).

Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Bapak-lbu sekalian yang telah berkenan meluangkan waktunya untuk hadir pada forum silaturahmi ini. Semoga kebersamaan ini akan tetap terjalin sebagai wujud kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sesuai UU No 34 tahun 2004 tentang TNI, TNI sebagai alat negara di bidang pertahanan melaksanakan tugas pokok untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. 

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, salah satu strategi yang ditempuh adalah melalui pembinaan teritorial secara terencana, terpadu, dan berkesinambungan dengan menerapkan metode : Bhakti TNI, Perlawanan Wilayah serta Komunikasi Sosial. 

"Sebagai bagian dari gelar kekuatan TNI, Kodim 0727/Karanganyar hingga saat ini dan kedepan berkomitmen akan terus berkontribusi dan berperan aktif bersama komponen masyarakat lainnya untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan bangsa dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera dengan menjunjung tinggi jati diri sebagai Tentara rakyat, Tentara pejuang, Tentara nasional dan Tentara profesional", tegasnya.

Ia juga menambahkan, Tantangan tugas ke depan semakin kompleks. Bencana alam, Narkoba, Ideologi, Radikal, Terorisme dan maraknya berita-berita hoax. Ini semua bukan hanya tugas TNI dan Polri saja akan tetapi tugas kita semua. Untuk itu, marilah kita optimalkan dan maksimalkan sinergitas dalam penanganan setiap masalah yang terjadi. Jalinan kesatuan persepsi, keterpaduan, sinkronisasi dan harmonisasi dalam bangunan kerjasama antara Pemda, TNI, Polri dan komponen masyarakat lainnya mutlak sangat diperlukan.

Hal ini sejalan dengan tema yang diusung pada acara Komsos kali ini yaitu "TNI AD Bersama Aparat Pemerintah Bersinergi Dalam Mengantisipasi Dampak Perubahan Iklim". Selanjutnya, melalui forum yang sangat terhormat ini, saya mengajak kepada seluruh Aparat Pemerintah untuk : 
- Pertama, marilah kita mantapkan kekompakan dan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, karena suksesnya program Pemerintah di daerah sangat tergantung dari upaya pemerintah daerah bersama TNI, Polri dan komponen masyarakat lainnya sehingga program dapat berjalan aman, lancar dan sukses.

- Kedua, marilah kita tingkatkan komunikasi dan koordinasi dalam menyikapi setiap perkembangan yang terjadi, bukan saling menyalahkan namun bersama-sama mencari solusi.

- Ketiga, aparat Pemda, TNI dan Polri, dituntut untuk mampu memberdayakan seluruh potensi wilayah dalam meningkatkan deteksi dini dan cegah dini agar terwujud ketahanan wilayah yang tangguh", pungkas Dandim.(Tr-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aparat Teritorial Bersama Rakyat Siap Mewujudkan Indonesia Yang Hebat, Maju Dan Sejahtera

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., bersama Kepala Staf Kodim Mayor Chb Sutaryanta ...