Rabu, 15 Mei 2024

Meningkatkan Peran Da'i Kamtibmas Dalam Memelihara Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat Karanganyar

KARANGANYAR — Bertempat di aula Masjid Agung Madaniyah Karanganyar dilaksanakan kegiatan Da'i Kamtibmas kabupaten Karanganyar tahun 2024 dengan tema "Meningkatkan Peran Da'i Kamtibmas Dalam Memelihara Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat di Wilayah Kabupaten Karanganyar".

Hadir dalam kegiatan tersebut, AKBP Jerold Hendra Yosef Kumontoy, S.I.K., M.Si. Kapolres Karanganyar, Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., diwakili Kepala Staf Kodim Mayor Chb Sutaryanta, Pj. Bupati Karanganyar diwakili Bambang Surtarmanto, S.Sos., M.M Kakesbangpol Karanganyar, Kajari diwakili Sudaryanto, SH Staff Kejaksaan Negeri Karanganyar.

Kapolres mengatakan sebagaimana kita ketahui bersama pada tahun 2024 bangsa kita menyelenggarakan pesta demokrasi, yang terdiri dari pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan legislatif dan pemilihan kepala daerah secara serentak pada bulan November 2024 nanti.

Kami sebagai Kapolres Karanganyar menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi setingi-tingginya bapak Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.ST., M.K., kepada seluruh komponen masyarakat khususnya forum dai kamtibmas yang telah berperan serta aktif dalam mensukseskan dan memelihara kamtibmas selama pelaksanaan pemilu tahun 2024 dan operasi ketupat candi tahun 2024, sehingga dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

Para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh ormas, dan tokoh pemuda memberikan respons positif, dan berkenan menjadi mitra kerja Polres Karanganyar, demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah kabupaten Karanganyar. Ini bentuk kecintaan terhadap tanah tumpah darah kita yang kita cintai ini, sehingga dengan sukarela dan penuh keikhlasan turut menjaga agar wilayah kita ini selalu aman, tenteram dan damai.

Bapak Kapolda juga menitipkan pesan kepada seluruh anggota Da'i Kamtibmas kabupaten Karanganyar untuk ikut dan berperan aktif menjaga harkamtibmas, serta sebagai cooling system atau penyejuk di kalangan jamaah masing-masing tentang pentingnya menjaga kedamaian dan menghindari gesekan antar warga, yang berpotensi memicu konflik di masa kampanye dan pelaksanaan pilkada nanti.

Pentingnya memperoleh informasi dari sumber yang terpercaya dan bijak dalam menyebarkan informasi di media sosial, agar tidak menimbulkan ketegangan yang tidak perlu dan warga tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan serta kesatuan bangsa. Sehingga harkamtibmas di wilayah kabupaten Karanganyar tetap terjaga baik sesuai dengan fungsi Da'i kamtibmas sebagai :

1) Perekat iman dan amal 
2) Perekat internal umat beragama 
3) Perekat antar umat beragama dan
4) Perekat persatuan bangsa 

kami ingin memastikan bahwa pemilu dan pilkada tahun 2024 berjalan dengan aman, damai dan kondusif di seluruh wilayah Republik Indonesia. Oleh sebab itu kami berharap partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat salah satunya forum da'i kamtibmas sebagai mitra Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dengan kerjasama yang baik antara aparat kepolisian dan masyarakat khususnya da'i kamtibmas, diharapkan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 dapat berlangsung dengan lancar, damai dan menghasilkan pemimpin yang dipilih secara demokratis.

Ditambahkan Mayor Chb Sutaryanta bahwa dari pihak Kodim selalu siap menjaga kamtibmas, jam berapapun di minta bantuan kami siap, kami juga mengharapkan sinergitas antara da'i dan pihak kepolisian.

Menyangkut kegiatan agama yang sangat bervariasi namun polres memberikan wadah, sehingga berbagai elemen Ormas keagamaan bisa bersatu dalam suasana da'i kamtibmas.

Yang perlu kami sampaikan di lapangan nanti terkait narkoba, perjudian baik biasa maupun online juga termasuk medsos menjadi prioritas utama yang bisa merusak masyarakat di wilayah karanganyar khususnya.(Aw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bantu Petugas, Babinsa Plosorejo Dampingi Posyandu

KARANGANYAR — Pelayanan Posyandu merupakan kegiatan kesehatan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas, dengan tu...