Senin, 23 Agustus 2021

Karyawan Bidang Industri Diminta Punya Dokumen Deklarasi Sehat

KARANGANYAR –Rapat Evaluasi Penerapan Prokes di lingkungan industri melalui Video Conference (Vidcon) bersama Menko Marves, Luhut Pandjaitan. Pada kesempatan itu, Menko Marves meminta evaluasi dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Perindustrian mengenai laporan dan pengamatan Prokes di lingkungan perusahaan.

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Herbuwono mengatakan karyawan perusahaan harus mendeklarasikan sehat. Deklarasi sehat yang dimaksud semacam pengenal bahwa seseorang benar-benar sehat. Deklarasi sehat bisa diisi secara online dan hasilnya bisa diprint/dicetak. 

Deklarasi sehat itu menjawab seputar pertanyaan apakah sedang sakit, gejala sakit, riwayat pertemuan dan lain sebagainya. "Diharapkan dengan Deklarasi Sehat dapat bekerja dengan baik," ungkapnya.

Selain itu, Dante juga menjelaskan perusahaan hendaknya memiliki sistem standar protokol kesehatan. Standar itu meliputi aktivitas dan strategi. Aktivitas dimaksud mencakup ventilasi ruangan, durasi pekerjaan, jarak dan kapan menggunakan dan melepas masker.

"Harusnya ada standar yang jelas di perusahaan, sehingga semua pekerja dapat bekerja dengan nyaman dan aman. Sedangkan yang dimaksud dengan menggunakan dan melepas masker adalah ada saat-saat seorang pekerja melepaskan masker untuk makan. Termasuk aktivitas saat masuk dan keluar dari tempat kerja, sehingga tidak berkerumun," imbuhnya.

Sementara Mendagri, Tito Karnavian mengatakan Satgas Covid di daerah hendaknya membentuk Sub Satgas di lingkungan industri. Sub Satgas tersebut berfungsi untuk melihat penerapan Prokes dan yang mengingatkan untuk patuh Prokes," tambahnya.

"Tidak kalah pentingnya perusahaan-perusahaan besar ada klinik atau tempat untuk tes PCR, sehingga diharapkan lebih mudah untuk mengetahui seseorang sedang terpapar atau tidak," tandasnya.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kembali Anggota Koramil Colomadu Blusukan Ke Pasar

KARANGANYAR - Anggota Koramil 16/Colomadu Serma Suraji bersama Polsek dan Satpol PP Colomadu melaksanakan patroli pendisiplinan protokol kes...