Selasa, 17 Agustus 2021

Upacara Bendera Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Secara Virtual

KARANGANYAR - Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Ikshan Agung Widyo Wibowo, S.I.P, beserta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana cabang XLVIII menghadiri Upacara Bendera Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Secara Virtual, di Anthurium Rumdis Bupati Karanganyar, Selasa (17/08).

Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dengan memakai baju adat Lampung dan Ibu Negara memakai baju adat nasional di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Prosesi Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain mengenakan masker dan menjaga jarak, para peserta atau perangkat upacara terbatas juga terlebih dulu dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Mengusung tema "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh," peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, menghadirkan naskah asli Teks Proklamasi, yang ditulis tangan oleh Proklamator sekaligus Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno.

Upacara yang digelar secara terbatas untuk menyesuaikan dan menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 berlangsung khidmat. Para tamu undangan serta masyarakat yang mengikuti jalannya upacara secara virtual dari latar belakang yang beragam juga antusias mengikuti jalannya prosesi upacara.

Sebanyak 17 dentuman meriam yang menggelegar dari arah Taman Monumen Nasional (Monas) disertai bunyi sirene panjang menandai dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani bertugas membacakan naskah Proklamasi yang pada 76 tahun lalu dikumandangkan Proklamator sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno, sebagai tanda terbebasnya Indonesia dari belenggu penjajahan.

Sementara itu, Presiden Jokowi selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara, baik yang hadir secara terbatas di lokasi maupun yang mengikuti secara virtual untuk mengheningkan cipta. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memandu pembacaan do'a.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kembali Anggota Koramil Colomadu Blusukan Ke Pasar

KARANGANYAR - Anggota Koramil 16/Colomadu Serma Suraji bersama Polsek dan Satpol PP Colomadu melaksanakan patroli pendisiplinan protokol kes...