Sabtu, 16 Januari 2021

Benteng Vastenburg Solo Jadi RS Darurat Covid-19


KARANGANYAR - Semakin bertambahnya pasien Covid 19, Dandim 0727/ Karanganyar Letkol Inf Ikhsan Agung Widyo  Wibowo,S.I.P. menghadiri Press Release Pembangunan Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid 19, di Benteng Vastenburg Surakarta, Jum'at (15/01). 

Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat membangun rumah sakit darurat Covid-19 di dalam Benteng Vastenburg Solo.

Pembangunan rumah sakit di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo ini di tengah angka kasus Covid-19 yang meroket.

Apalagi beberapa waktu lalu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo menyebut kasus per hari mencapai ratusan orang terbesar selama pandemi.

Belum lagi, banyaknya rumah sakit sudah overload dan Solo menjadi pusat rujukan di daerah sekitarnya seperti dari Sukoharjo, Wonogiri, Boyolali hingga Sragen.

Komandan Korem 074/Warastratama Surakarta Kolonel (Inf) Rano Tilaar memaparkan, alasan dibangunnya rumah sakit darurat lantaran Solo selama ini banyak menjadi rujukan pasien Covid-19.

Berdasarkan hal tersebut, pimpinan TNI Angkatan Darat mengalokasikan rumah sakit lapangan untuk menangani Covid-19.

Lokasi bagian dalam Benteng Vastenburg ini dipilih lantaran dekat dengan RST Slamet Riyadi yang berada di Kecamatan Laweyen.

"Karena harus dekat RST Slamet Riyadi jaraknya 1-2 KM," papar dia saat memberikan jumpa pers langsung berserta peninjauan.

Dia menyebut, nantinya ada 100 tempat tidur yang disediakan untuk menampung pasien Covid-19 dari Solo Raya.

Adapun pembangunan rumah sakit darurat ini ditargetkan idealnya 7 hari.

"Itu hitungannya sejak barang - barang tiba, nanti dimobilisasi dari Jakarta," jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pembangunan rumah sakit darurat ini nantinya meliputi 20 tenda seperti tenda pasien, tenda nakes, tenda laboratorium hingga tenda isolasi.

Diperkirakan tenda dan keperluan lainnya untuk pembangunan rumah sakit darurat ini akan datang pada 21 Januari 2021,"pungkas Danrem.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Pantau Kegiatan Posyandu Untuk Menghimbau Dan Menerapkan Protokol Kesehatan

KARANGANYAR - Ditengah merebaknya kasus Pandemi Covid-19 saat ini, Babinsa Balong Koramil 10/Jenawi, Sertu Sunarto hadir sekaligus turut ber...