Jumat, 22 September 2023

Kabupaten Karanganyar Peringati Hari Memungut Sampah Sedunia

KARANGANYAR — World Clean Up Day 2023 Kami 13 Juta Relawan Bijak Kelola Sampah Menuju Indonesia Bersih, merupakan tagline pada peringatan Hari Memungut Sampah Sedunia (World Clean Up Day) yang dilakukan secara serentak diberbagai wilayah di Indonesia umumnya, dan Karanganyar khususnya di sepanjang jalan jalur Car free Day, Perkantoran, Alun Alun, Kecamatan, Kelurahan dan Desa.

Peringatan World Celan Up Daya dibuka dan dipimpin langsung oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono di halaman depan parkir Damkar (Pemadam Kebakaran) Kabupaten Karanganyar, Jum'at (22/9) pagi dan dihadiri seluruh jajaran Forkopimda, Asisten, Kepala OPD, Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama yang diwakili Pasiter Kodim Kapten Inf Achuwad Darsono.

Pada kesempatan tersebut Bupati mengajak berbagai pihak, seluruh elemen untuk dapat belajar mengelola sampah yang baik tepatnya di desa Paulan, Colomadu.

Karena menurutnya Desa Paulan dalam satu hari sampah sebanyak 8 ton dapat clear, sehingga lingkungan bersih dari sampah. Disamping diperkuat dengan adanya Perda Pengelolaan Sampah yang dapat memberikan sanksi kepada siapa saja yang membuang sampah sembarangan terlebih disepanjang jalan.

Dikatakan Bupati masih ada hari dimana untuk memperingati hari/momentum peristiwa memungut sampah Sedunia atau kita sebut World Clean Up Day. Sampah itu pasti ada setiap harinya dan kita menghasilkan sampah yang jika tidak dikelola akan berdampak seperti teror mengancam keharmonisan kestabilan alam. Seperti yang sudah dijelaskan dalam Al Qur'an bahwa kerusakan dibumi adalah karena perbuatan manusia itu sendiri dengan cara mengeksploitasi keseluruhan alam.

Oleh karena secara kodrati kita ini makhluk berTuhan, dan Tuhan itu Indah. Maka seluruh ciptaan Tuhan itu sangat indah dan umurnya panjang, alam yang diciptakan Tuhan dan abadi karena diciptakan oleh Sang pemilik jagad raya.

"Karanganyar ini kondusif, kenyamanan, bersih harus tetap dijaga. Ada Perda yang menguatkan adanya penertiban buang sampah ini oleh Satpol PP. Saya juga menghimbau setiap rumah warga untuk membuat jogangan/lubang untuk membuang samapah agar permasalahan sampah ini perlahan bisa tuntas,"pesannya.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran TNI Dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan

KARANGANYAR — Sebagai wujud peran aktif TNI dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah, Sertu Eko Prasetyo Babinsa desa Mojogedang anggo...