Sabtu, 16 September 2023

Program Bangga Kencana Kesehatan Bertujuan Mewujudkan Keluarga Berkualitas Dan Mencegah Stunting

KARANGANYAR — TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Tengah dicanangkan di lapangan desa Ngreco, kecamatan Weru, kabupaten Sukoharjo, Kamis (14/9/2023).

Pencanangan dilakukan oleh Irdam IV/Diponegoro, Brigjen Yudi Pranoto. Program Bangga Kencana Kesehatan bertujuan mewujudkan keluarga berkualitas dan mencegah stunting.

Hadir dalam acara tersebut Deputi Bidang Advokasi Pergerakan dan Informasi BKKBN, Sukaryo Teguh Santoso, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, dan pajabat Forkopimda Sukoharjo, Danrem, Kodim Jajaran KOREM 074.

"Jadi, TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan ini untuk memberikan motivasi dan mendorong masyarakat untuk ikut Keluarga Berencana (KB) sehingga bisa terwujud keluarga yang berkualitas," ujar Brigjen Yudi.

Menurutnya, Indonesia di tahun 2024 akan mengalami bonus demografi dan diharapkan di tahun tersebut usia produktif mencapai 60% dari total jumlah penduduk di Indonesia. Dalam program TNI Manunggal Bangga Kencana tersebut, nantinya akan mengerahkan Babinsa untuk mendukung program-program Bangga Kencana Kesehatan.

Deputi Bidang Advokasi Pergerakan Informasi BKKBN, Sukaryo Teguh Santoso menyampaikan, TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan merupakan tindaklanjut komitmen antara TNI dan BKKBN. Dikatakan Teguh, dalam rangka mengendalikan pertumbuhan penduduk. Program KB sudah berjalan dengan baik, sehingga angka kelahiran mengalami penurunan.
  
"Seiring menurunnya angka kelahiran terjadi kenaikan Indeks Pembangunan Keluarga, tahun 2021 mencapai 54,01 dan di tahun 2022 naik menjadi 56,07," jelasnya.

Selain itu, terkait stunting, apa yang dilakukan pemerintah sudah berjalan baik, karena terjadi penurunan angka stunting meski belum sesuai target. Angka stunting di tahun 2021 sebesar 24,4% dan di tahun 2022 turun menjadi 21,6%.

"Stunting menjadi prioritss utama dan dibutuhkan sinergi pemerintah pusat, daerah, dan seluruh elemen masyarakat," ujarnya.

Sedangkan, Dandim 0726 Sukoharjo, Letkol Czi Slamet Riyadi, menyampaikan, tujuan kegiatan secara umum adalah meningkatkan komitmen dan partisipasi dari jajaran TNI dalam mendukung Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan tujuan khusus, meningkatkan komitmen pimpinan dan jajaran TNI di setiap tingkatan terhadap Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting.

"Selain itu juga meningkatkan capaian Bangga Kencana dan Penurunan Stunting melalui peran aktif jajaran TNI terutama yang ada di lini lapangan," ujarnya.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TMMD Bangkitkan Semangat Gotong Royong Masyarakat

KARANGANYAR — TMMD Sengkuyung I Tahun 2024 Kodim 0727/karanganyar di desa Kalijirak kecamatan Tasikmadu merupakan hal yang sangat positif. H...