Jumat, 22 April 2022

Bulan Penuh Berkah, Kodim 0727 Karanganyar Peringati Nuzulul Qur’an 1443 H

KARANGANYAR - Perwira Seksi Operasi Kapten Inf Abdul Hanan Harmain mewakili Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo, S.I.P., memimpin Peringatan Nuzulul Qur'an 1443 H/2022 M, di Mushola Al - Ikhlas Kodim Karanganyar dan diikuti seluruh anggota Stap Makodim, Kamis 21 April 2022.

Kapten Hanan mengatakan momen istimewa ini umat muslim harus dapat memanfaatkannya dengan memperbanyak amal ibadah, mendekatkan diri pada Allah SWT, karena terdapat banyak keutamaan pada malam Nuzulul Qur'an. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dimuliakan oleh umat muslim, juga bulan yang penuh kebarokahan, penuh pahala serta pengampunan dosa. Selain itu bulan Ramadhan terdapat malam Lailatul Qodar, malam yang penuh berkah dan nilai kebaikannya lebih baik dari seribu bulan, sehingga keberkahan malam Lailatul Qodar berlipat – lipat.

"Oleh karena itu sebagai umat muslim harus senantiasa menggali hikmah yang terkandung didalamnya, sehingga dapat memantapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT," terang Pasiops.

Sementara itu, Ustadz Koptu Hambali dalam tausiyah  menyampaikan, dari dua belas bulan yang ada dalam kalender agama Islam, Ramadhan merupakan bulan yang paling istimewa. Karena keistimewaannya bulan Ramadhan ini mendapat julukan sebagai sayyidus syuhur-raja atau pemimpin seluruh bulan. 

Atas julukan ini, ada beberapa keistimewaan bulan ramadhan yang tidak dimiIiki oleh bulan-bulan Iain. Pertama, karena ramadhan dipilih sebagai bulan diturunkannya ayat pertama Al-Qur'an (08 AI-Baqarah: 185). 

Salah satu ibadah yang dianjurkan/dilaksanakan di bulan ramadhan adalah memperbanyak membaca Al-Qur'an. Kedua, dalam bulan ramadhan ada suatu malam yang nilai'nya lebih baik dari seribu bulan yang disebut malam Iailatul qadar. Nilai ibadah yang dilaksanakan di malam ini, Iebih baik daripada nilai ibadah seribu bulan. Ketiga, ramadhan merupakan bulan istimewa, karena kebaikan-kebaikan yang dikerjakan bulan ramadhan nilainya berlipat ganda. 

Pada kesempatan ini penting bagi kita mengingat kembali peristiwa yang sangat bersejarah bagi umat Islam, yaitu malam pertama diturunkannya Al-Qur'an oleh Allah SWT melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

Pada saat itu, tepat pada malam Jum'at bertepatan dengan hari ke 17 ramadhan dan akhirnya kita kenal dengan malam Nuzulquur'an. 

Bila kita mengkaji kembali tentang peristiwa ini, pelajaran yang dapat dipetik adalah agar ketaqwaan kita semakin kuat dan keyakinan kita semakin mantap terhadap kitab suci AI-Qur'an, yang isinya memberi petunjuk bagi umat manusia serta pembela diantara perkara yang haq dan bathil,"pungkasnya.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Patroli Di Pos Kamling Wilayah Binaan Sertu Mukti Himbau Prokes

KARANGANYAR - Dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat di wilayah binaannya, Babinsa desa Kebak anggota Koramil 03/Kebakkramat Sertu...