Senin, 25 April 2022

Kepala Staf Kodim Karanganyar Hadiri Hari Otda Ke-26 Tahun 2022 Secara Virtual

KARANGANYAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar memperingati hari Otonomi Daerah (Otda) ke-26 yang dilaksanan secara virtual di ruang SIC Samber Nyawa Diskominfo Karanganyar, Senin 25 April 2022 pagi.

Pelaksanaan Hari Otda secara zoom meeting ini diikuti Bupati Karanganyar, Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo, S.I.P diwakili Kasdim Mayor Inf Sudarmin serta jajaran Forkopimda dan Sekretaris Daerah Karanganyar.

Amanat Menteri Dalam Negeri yang dibacakan Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro disampaikan bahwa Peringatan Hari Otonomi Daerah tahun ini, pihaknya terus mendorong penguatan peran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Pemerintah memastikan kegiatan otonomi daerah dilaksanakan oleh daerah masing-masing, daerah jadi memiliki kewenangan di berbagai bidang.

Intinya bagaimana kita bisa membangun sinergi di antara yang memiliki kekuasan, kewenangan, yakni presiden di pemerintah pusat dan eksekutornya yang ada di pemerintah daerah. Jangan sudah diserahkan kemampuan fiskal, tapi masih meminta bantuan ke pemerintah pusat.

Dalam mengemban tugas itu, ASN merupakan motor penggerak untuk mengimplementasikan kebijakan dan program pemerintah pusat terkait urusan otonomi daerah. Gali lagi potensi daerah menambah APBD untuk kesejahteraan rakyat.

Indonesia sudah berhasil dengan menurunnya Pandemi covid, sehingga daerah-daerah berlomba-lomba untuk memajukan wilayahnya. Situasi global dampak perang Rusia Ukraina berakibat pada stabilitas ekonomi dunia, sehingga harga pangan menjadi tidak stabil.

Satgas pangan dibentuk bukan hanya slogan saja, tapi harus diwujudkan dan kepala daerah juga harus berkomunikasi dengan satgas pangan tersebut. Supaya harga di pasar stabil sehingga tidak mengganggu perekonomian daerah.(Aw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Serka Maryadi Pantau Penggilingan Padi Di Wilayah Binaannya

KARANGANYAR — Dalam rangka meningkatkan swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah bekerjasama dengan TNI, Serka Maryadi Babinsa Des...