Kamis, 22 Juni 2023

Apel Ketua Kesatuan Keamanan Lingkungan

KARANGANYAR – Bertempat di Halaman Kantor Bupati Karanganyar, Rabu (21/6/2023) pagi. Polres Karanganyar menggelar Apel Ketua Kesatuan Keamanan Lingkungan (KASAT KAMLING). 

Bertindak selaku Pembina Apel, Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono, MM yang dihadiri Forkopimda Karanganyar, Jajaran Kepala OPD dan diikuti TNI, Polri, Kamtibnas serta Oragnisasi Kemasyarakatan. Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P. diwakili Kepala Staf Kodim Mayor Chb Sutaryanta.

Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dibacakan oleh Pembina Apel menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan upaya POLRI untuk mempercepat revitalisasi Satkamling guna meningkatkan Harkamtibmas dalam rangka menghadapi tahapan Pemilu serentak tahun 2024.

Maka untuk itu, peran awak Satkamling adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Potensi masyarakat upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan, hal ini sejalan dengan program transformasi menuju Polri yang presisi tepatnya pada kebijakan transformasi operasional program 5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif PAM Swakarsa di lingkungan, atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan PAM Swakarsa di bawah pembinaan Polri adalah satuan keamanan lingkungan.

Sebagai salah satu bentuk pengamanan Swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat 1 undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan, bahwa dalam penyelenggaraan tugas Polri di bantu oleh kepolisian khusus BPNS dan bentuk-bentuk pengamanan Swakarsa.

Selain itu Polri juga telah menerbitkan Perpol nomor 4 tahun 2020 tentang pengamanan Swakarsa sebagai landasan hukum dan penegasan tugas serta tanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan satuan kamling.

Dengan hadirnya berbagai dasar hukum ini diharapkan penyelenggaraan Satmling dalam menjaga keamanan dan ketertiban dapat berjalan semakin maksimal, kehadirannya diharapkan mampu menjadi ahli warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemulihan yang prediktif.

Hal ini tentunya menjadi nilai penting kehadiran Satkamling itu sendiri. Oleh karena itu, solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan peran sentral dalam upaya pemeliharaan menghadapi agenda nasional yaitu pemilu dan pemilihan tahun 2024.

"Karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan, dan kita jaga bersama, kita harus mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi. Karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong visi Indonesia emas yang kita cita-citakan," pesan Kapolri yang dibacakan Bupati Karanganyar.

Disampaikan pula bahwa dari total 230.28 pos satkamling hanya 60% yang aktif atau sebanyak 134.753 pos saat kamling sedangkan 95.275 pos Satkamling dinyatakan tidak aktif.

Oleh karena itu, diperlukan peran dari seluruh masyarakat dan stakeholder terkait untuk melakukan upaya revitalisasi dengan mengaktifkan serta memberdayakan kembali yang ada di lingkungannya masing-masing maupun disepakati bersama.

Selanjutnya sebagai upaya aksesoris telah mengadakan lomba Satkamling mulai tingkat Polres, Polda hingga Nasional.

"Saya ucapkan selamat pada para pemenang tingkat Polres, Polda yang akan diumumkan setelah pelaksanaan Apel ini. Saya berpesan agar terus melakukan perbaikan dan tingkatkan kerjasama dalam penyelenggaraan Satkamling," tutup Bupati.(Aw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Danramil Karanganyar Sambut Kedatangan Jama'ah Haji Kabupaten Karanganyar

KARANGANYAR — Sambut kedatangan jemaah haji asal kabupaten Karanganyar di masjid Madaniyah kecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyar. Angg...