Kamis, 29 Juni 2023

Bupati Karanganyar Idul Adha Mengingatkan Kita Kepada Nabi Ibrahim AS

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., Dalam hal ini diwakilkan oleh Kasdim Mayor Chb Sutaryanta, Turut melaksanakan Sholat Idul Adha 1444 H/2023 M, bertempat di Masjid Agung Madaniyah Karanganyar, Kamis 29 Juni 2023.

Dalam kutbahnya Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, setiap kita menjalankan ibadah qurban tentunya ingatan kita tertuju kepada Nabi Ibrahim AS, yang mana melalui mimpi Nabi Ibrahim di perintah oleh Alloh SWT untuk menyembelih anak satu satunya yaitu Nabi Ismail, tentunya ini merupakan ujian yang sangat berat, akan tetapi Nabi Ibrahim melaksanakan perintah Alloh tersebut dengan ikhlas, dan dengan keikhlasan nabi Ibrahim Alloh SWT menggantikan dengan seekor kambing, sehingga ini merupakan keteladanan bagi umat muslim.

Perintah menyembelih hewan qurban sebagai tonggak sejarah yang mempunyai filsafat, bahwa hidup itu sesungguhnya penuh perjuangan. Pembelajaran bahwa manusia dalam melaksanakan kehidupan di dunia memerlukan pengorbanan, keikhlasan. Sebagai barometer kita bentuk kecintaan kepada Allah yaitu tidak boleh terlalu mencintai harta, kedudukan. 

Semangat berqurban bisa melatih kita bagaimana kita dalam kesusahan, bagaimana kita mencontoh Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anak tercintanya. Kita tidak akan masuk surga apabila memutus tapi silaturahmi, barang siapa mau membantu kesusahan orang lain maka Allah SWT akan memberikan kemudahan padanya.

Diharapkan dengan ketauladanan, perjalanan sejarah Nabi Ibrahim AS, semangat berqurban bisa melatih kita bagaimana kita dalam kesusahan, bagaimana kita mencontoh Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anak tercintanya. Kita tidak akan masuk surga apabila memutus tapi silaturahmi, barang siapa mau membantu kesusahan orang lain maka Allah SWT akan memberikan kemudahan padanya.(Tr-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran TNI Dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan

KARANGANYAR — Sebagai wujud peran aktif TNI dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah, Sertu Eko Prasetyo Babinsa desa Mojogedang anggo...