Jumat, 20 November 2020

Kodim 0727/Karanganyar Gelar Latihan Menembak


Karanganyar - Guna mengasah dan meningkatkan kemampuan menembak prajurit, Kodim 0727/Karanganyar menggelar Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) Triwulan IV tahun 2020.


Kegiatan latihan menembak senjata ringan dilaksanakan di Lapangan tembak Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro, Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, kegiatan ini diikuti oleh seluruh prajurit Kodim 0727/Karanganyar baik Perwira, Bintara maupun Tamtama.


Sebelum pelaksanaan menembak, Komandan Kodim 0727/Karanganyar

Letkol Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo, S.I.P., yang diwakili Kapten Sukino Danramil 07/Matesih (Sebagai Wadanlat) menyampaikan

Kepada seluruh prajurit untuk selalu memperhatikan faktor keamanan dalam latihan. Menembak memang bukan hal asing lagi bagi kita, akan tetapi jangan menganggap remeh dan menyepelekan faktor keamanan sehingga dapat menimbulkan terjadinya korban akibat kelalaian kita.


Perhatikan faktor keamanan, karena itu adalah prioritas yang utama, untuk itu saya tekankan kepada seluruh peserta dan juga para pendukung latihan, ikuti mekanisme dan pedomani prosedur yang ada. Selama pelaksanaan menembak tidak ada prajurit yang bertindak sendiri, melainkan atas instruksi dan arahan dari personel yang sudah ditunjuk oleh Koordinator.


"Saya tekankan berulang-ulang jaga faktor keamanan, karena itu merupakan kunci keberhasilan dan prioritas utama dalam latihan,” tegas Sukino.

Wadanlat Kapten Sukino menyampaikan, kemampuan menembak merupakan kemampuan dasar yang wajib dikuasai oleh seorang prajurit, kemampuan tersebut sejatinya sudah dimiliki prajurit. Untuk memelihara kemampuan tersebut tentunya dibutuhkan suatu latihan yang terprogram, bertingkat dan berlanjut. Sehingga hal ini menjadi bagian dari program Satuan yang diaplikasikan dalam bentuk pembinaan prajurit di bidang latihan.


Target latihan adalah untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan serta kemahiran dasar prajurit dalam hal menembak otomatis akan tercapai. Karena "Latihan adalah Kesejahteraan Prajurit," ungkapnya.


Pasiops Kodim 0727/Karanganyar Kapten Inf Abdul Hanan menambahkan bahwa latihan menembak senjata ringan merupakan program Satuan yang dilakukan setiap triwulan sesuai diagram waktu yang ditentukan oleh Komando Atas, kegiatan ini tediri dari dua materi yaitu menembak senapan dan menembak pistol.


“Meskipun ini latihan yang rutin dilakukan setiap 3 bulan, bukan berarti kegiatan ini hanya rutinitas semata, namun lebih jauh latihan ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan kemampuan menembak yang sudah dimiliki para prajurit, justru di Triwulan IV ini kemampuanya harus lebih meningkat,” ujar Pasiops.

(Pen 0727)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar