Selasa, 26 Oktober 2021

Hari Santri Nasional Tahun 2021 Kabupaten Karanganyar

KARANGANYAR - Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo, S.I.P., menghadiri Apel Hari Santri Nasional Tahun 2021 Kabupaten Karanganyar, di Pesantren Daarul Qur'an Putri, Desa Paulan, kecamatan Colomadu.

Menteri Agama Pada Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 yang dibacakan oleh Drs. H. Juliyatmono, MM (Bupati Karanganyar). Sejak ditetapkan pada tahun 2015, setiap tahun kita rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda.

Untuk peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini mengangkat tema "Santri Siaga Jiwa Raga". Maksud tema Santri Siaga Jiwa Raga adalah bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia. 

Siaga Jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran islam, serta tradisi luhur Bangsa Indonesia. Bila zaman dahulu jiwa santri selalu siap dan berani maju untuk merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Maka santri hari ini tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak persatuan dan kesatuan Indonesia. Jadi, Siaga Jiwa Raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak, melainkan juga tazkiyatun nafs, yaitu mensucikan jiwa dengan cara digembleng melalui berbagai 'tirakat' lahir dan batin yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masih Dalam Masa Pandemi Covid 19, Anggota Koramil 05 Mojogedang Laksanakan Patroli Prokes

KARANGANYAR - Anggota Koramil 05/Mojogedang melaksanakan penegakan dan pendisiplinan protokoler kesehatan, serta menghimbau agar tetap menja...