Sabtu, 08 April 2023

Khataman Seribu Santri Dalam Menyambut Peringatan Nuzulul Qur'an 1444 H

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., diwakili oleh Danramil 03/Kebakkramat Kapten Inf Suratman bersama dengan Forkopimda Karanganyar menghadiri peringatan Nuzulul Qur'an 1444 H di Masjid Agung Madaniyah Kabupaten Karanganyar, Jum'at 07 April 2023.

Kegiatan ini diawali dengan khataman Al-Qur'an oleh 1.000 santri yang berasal dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Karanganyar. Kegiatan dilanjutkan dengan acara buka bersama oleh 1.000 santri di pelataran Masjid Agung Madaniyah. Acara berlangsung cukup hangat dan khitmad.

Acara dilanjutkan dengan tarawih bersama. Bertindak sebagai imam adalah Syeich Muh. Yusuf Bakir Al Hafis dari Palestina. Untuk yang bertugas sebagai khotib adalah Dr. K.H. Ariffin Shidiq Al Hafids, M.Pd.I., dari Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo.

Ketua pelaksana yang juga merupakan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Karanganyar, Ali Qodri, S.S.T.P., menyampaikan bahwa peringatan Nuzulul Qur'an yang diikuti oleh 1.000 santri berasal dari 16 pondok pesantren yang ada di Kabupaten Karanganyar. Peserta terdiri dari 640 santri putra, dan 360 santri putri.

Selepas sholat tarawih, Bupati Karanganyar menerima penyerahan Al Qur'an Akbar sebesar 1x 1,5 m yang ditulis tangan dari Universitas Sains Ilmu Qur'an Wonosobo. Hari ini bertepatan dengan 1 tahun dimulainya proses pembuatan Al Qur'an akbar tersebut. Diawali dengan penulisan huruf Ba pada awalan "Bismillah" lalu diakhiri oleh huruf Syin menjadi penanda selesainya AL Qur'an yang akan menjadi salah satu ikon Masjid Agung Madaniyah dan menjadi kebanggan bagi masyarakat Karanganyar.

Dalam tausyahnya, Bupati Juliyatmono menyampaikan bahwa orang yang bergaul dengan Qur'an adalah orang yang beruntung. Karena kita akan tertular kebaikan-kebaikan dari Al Qur'an itu sendiri. Baik dari cara beribadah hingga bersikap. Terlebih saat bulan Ramadhan ini, merupakan bulan yang penuh berkah dan rahmat. Sebagai umat muslim hendaknya kita meningkatkan ibadah dengan memperbanyak shodaqoh, lebih rajin menunaikan sholat dan tidak bolong saat berpuasa.

Sebagai penutup, Bupati Karanganyar berharap agar Kabupaten Karanganyar dapat memperoleh berkah atas semua amalan yang sudah dijalankan. Tak hanya itu, Bupati Juliyatmono juga berharap agar Palestina turut mendapat keberkahan di bulan yang suci ini.(Sw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran TNI Dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan

KARANGANYAR — Sebagai wujud peran aktif TNI dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah, Sertu Eko Prasetyo Babinsa desa Mojogedang anggo...