Minggu, 21 Mei 2023

Dandim Karanganyar Hadiri Pembukaan Danjen Kopassus Shooting Championship 2023

KARANGANYAR — Dalam memberikan wadah sekaligus menjaring bibit penembak, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) kembali melaksanakan kompetisi menembak. Bertajuk Danjen Kopassus Shooting Championship 2023 pada tanggal 19-21 Mei 2023. Turut hadir Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., Sabtu 20 Mei 2023.

Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi mengatakan, kompetisi ini merupakan rangkaian hari ulang tahun ke-71 Kopassus. Kejuaraan digelar rutin tiap tahun sejak 2000 silam. Namun sempat berhenti dua tahun imbas pandemi Covid-19.

"Kami biasanya menggelar kompetisi mendekati April. Namun, tahun ini karena kegiatannya bersamaan dengan kegiatan keagamaan, maka baru terlaksana pada 20 Mei ini," ungkap Danjen Kopassus.

Pelaksanaan kejuaraan menembak selalu digelar di Grup 2 Kopassus Kartasura, Sukoharjo. Soal lokasi itu, Deddy menjelaskan, Grup 2 merupakan center di Jawa Tengah. Tempatnya juga sudah settle dan cukup asri.

Para penembak ini datangnya juga bukan dari wilayah Jawa saja. Ada dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan lainnya. Mereka datang, Alhamdulillah cukup banyak pesertanya," ujar dia.

Saking membeludaknya, maka jumlah peserta yang bisa tampil dalam ajang kejuaraan ini pun dibatasi.

"Mungkin bisa memakan waktu tiga sampai empat hari. Namun karena keterbatasan waktu juga, kami batasi peserta. Peserta ada dari TNI, Polri, termasuk masyarakat umum juga," imbuh Deddy.

Penanggung jawab kegiatan Kolonel Inf Catur Sutoyo menyebut, ada sejumlah kelas yang diperlombakan dalam kompetisi ini. Mulai dari tembak reaksi IPSC level 2, tembak reaksi IPSC, tembak reaksi IPSC level 1, pistol senapan api, dan senapan atau pistol angin. Per kelasnya masih dibagi lagi menjadi beberapa divisi. Seperti divisi open, standar, production, revolver, classic, dan production optic.

Untuk materi IPSC level 2 terdapat kategori PCC level 2. Pistol caliber, carbine, divisi open, divisi pijera besi, dan rifle level II. Selain itu, untuk kategori lainnya adalah materi pistol eksekutif 20 m dan pistol presisi jarak 25 m.(Tr-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bantu Petugas, Babinsa Plosorejo Dampingi Posyandu

KARANGANYAR — Pelayanan Posyandu merupakan kegiatan kesehatan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas, dengan tu...