Minggu, 28 Mei 2023

Wasbang Mendidik Generasi Muda, Agar Lebih Cinta Terhadap Tanah Air

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., diwakili oleh Danramil 06/Karangpandan Kapten Inf Supardi, menjadi pemateri pada kegiatan Semar Danajaya (Solo X Kudus) oleh Ikatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Indonesia (IMBKI) PD Jateng 2021-2023 Danajaya, dengan mengusung tema "Mengabdi Karena Kasih, Bergerak Dari Hati".

Adapun materi yang disampaikan tentang "Optimalisasi Peran Konselor Dalam Bela Negara (Dalam Perspektif Satuan TNI)", bertempat di Vila Kemuning, Tawangmangu, Sabtu 27 Mei 2023 malam.

Pada kesempatan tersebut Dandim melalui Kapten Inf Supardi menyampaikan, Bahwa Indonesia merupakan bangsa majemuk yang beraneka ragam pulau, budaya, adat istiadat, bahasa penduduk dan sebagainya. Maka dilihat keberaneka ragaman ini kita harus lebih bersatu, karena dasar kita adalah Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Tugas pokok TNI menurut UU RI 34 tahun 2004 pasal 7 isinya adalah :
1. Menegakkan kedaulatan bangsa dan bangsa.
2. Mempertahankan keutuhan kedaulatan wilayah NKRI.
3. Melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia. 

"Disamping itu TNI juga bertugas sebagai pembinaan teritorial dengan mengacu pada Geodemokonsos, kita adalah makhluk sosial yg mana kita tidak bisa terlepas dari kehidupan masyarakat",ujarnya. 

Ia juga menambahkan, yang terlibat bela negara adalah seluruh komponen bangsa, bukan hanya TNI. Karena rasa cinta tanah air harus dimiliki oleh seluruh generasi bangsa, apalagi sekarang era digital, maka generasi muda harus pandai-pandai menyikapi berita yang ada, jangan sampai termakan hoax.

Bela negara yang benar di jaman sekarang ini adalah dengan bekerja sesuai dengan keahliannya masing-masing yang bersifat positif, bukan angkat senjata lagi seperti dulu. 

"Moral yang bagus harus ditanamkan dalam generasi bangsa sekarang, supaya tidak terpengaruh oleh proxy war yang digaungkan oleh para perusak generasi bangsa, apalagi semua disini adalah Mahasiswa BK, harus bisa untuk memberikan pembinaan kepada generasi bangsa supaya tidak terjadi kegagalan moral yang dapat mempengaruhi kehidupan bermasyarakat kelak", pungkas Kapten Supardi.(Tr-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Libur Lebaran Anggota Koramil Tawangmangu Melaksanakan Komsos Di Wisata Grojogan Sewu

KARANGANYAR — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Tawangmangu Kodim 0727/Karanganyar Serka Parno bersama Serda Anang melaksanakan Komu...