Penyuluhan Kesehatan Tentang Pencegahan Penyakit Degeneratif Kodim 0727 Karanganyar

Posted by kodimkaranganyar on Januari 31, 2020 with No comments
Kodim Karanganyar – Bertempat di Garasi Makodim 0727/Karanganyar Rabu 29 Januari 2020, telah diadakan Penyuluhan Kesehatan kepada Anggota Militer dan PNS Kodim Karanganyar, Tentang Pencegahan Penyakit Degeneratif oleh Klinik Pratama Kartika 27 Karanganyar.

Materi tersebut disampaikan oleh Dr. Siti Aminah (Klinik Kartika 27 Denkesyah 04.04.04 Surakarta) tentang Virus Corona.

Penyebaran Virus Corona yang bermula dari kota Wuhan, China menjadi ancaman serius bagi dunia. Berdasarkan data pada peta pantauan penyebaran Virus Corona, sejauh ini tercatat 107 orang meninggal dunia dan 4.474 orang terinfeksi.

Gejala klinis virus corona yaitu:
1) Demam tinggi.
2) Badan terasa letih, lemas, lemah dan bibir kering.
3) Sesak nafas.
4) Rontgen dada memberikan gambaran adanya perubahan di kedua paru.
5) Vital sing umumnya stabil dalam perawatan.
6) Pemeriksaan mikropsis sedian darah umumnya memberikan gambaran hitung sel darah putih yang rendah (leokopenia & limfopenia).

Vaksinasi dan pengobatan virus corono! Saat ini belum tersedia dan belum di temukan vaksinya. Vaksin yang beredar untuk pneumonia akibat mikroorganisme yang lain. Pengobatan bersifat surpotif sesuai gejala yang ada.

Adapun Pencegahan virus corona yaitu gunakan masker saat batuk atau pilek, komsusi gizi seimbang perbanyak sayur dan buah-buahan, hati-hati kontak dengan hewan, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup, jangan megkomsumsi daging yang tidak di masak, bila batuk dan pilek segera ke fasilitas kesehatan,”terangnya.

Dandim menambahkan terkait dengan apa yang disampaikan oleh Dr. Siti Aminah tentang virus corona, mohon kiranya para Babinsa bisa memberikan penjelasan kepada warga binaanya. Di lihat dari segi medis memang penyebab virus corona, bisa melalui makan makanan daging kelelawar dan makan daging yang tidak di masak.

(Lam-Pendim 0727/Kra)