Rabu, 17 Maret 2021

Samapta Periodik I Kodim 0727 Karanganyar

KARANGANYAR - Uji kemampuan fisik anggota TNI, khususnya Anggota Kodim 0727/Karanganyar untuk mengukur sejauh mana kemampuan prajurit dalam membina fisik. 

Kegiatan Kesemaptaan ini rutin dilaksanakan 6 bulan secara periodik yang diawasi Tim Garjas Korem 074/Warastratama, dilaksanakan di Kodim dan Alun-Alun Kabupaten Karanganyar, Jum'at 12 Maret 2021.

Kesemaptaan/Kesegaran jasmani merupakan modal utama serta sebagai tolak ukur Prajurit dalam mendukung tugas pokok TNI-AD. Dimana kali ini diikuti oleh anggota Kodim 0727/Karanganyar, dilaksanakan secara bergelombang.

Batiops Kodim Karanganyar Pelda Sunardin menyampaikan, sebelum kegiatan dimulai, Tim Jasrem melaksanakan pengecekan personel dengan pemeriksaan awal dengan mengukur tensi dan denyut nadi oleh Tim Kesehatan TNI, dan PMI Kabupaten Karangannya.

"Bagi personel yang dianggap memenuhi syarat untuk melaksanakan Kesemaptaan, langsung mengikuti Kesegaran Jasmani A, yaitu Lari, 12 Menit ," ujarnya.

kemudian samapta B yang terdiri dari Pull Up, Sit Up, Lunges, Push Up, dan Shuttle Run.

Ditambahkan Pasiops Kodim, pembinaan fisik dalam menghadapi Kesemaptaan jasmani bagi prajurit mengacu pada program dari Komando Atas dengan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

Kemudian dalam pelaksanaan kegiatan utamakan faktor keselamatan jiwa, dan jangan memaksakan diri untuk tetap mengikuti kegiatan.

"Layak atau tidak, siap atau tidak, biarlah tim kesehatan yang menentukannya. Jangan mengabaikan faktor keselamatan jiwa, yang akan berakibat buruk terhadap diri, keluarga maupun Satuan. Lakukan dengan maksimal sesuai dengan kemampuan, karena satuan sudah melaksanakan pembinaan fisik rutin setiap hari Selasa, Kamis dan Jum'at,"terang Kapten Abdul Hanan.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...