Jumat, 30 Desember 2022

Ribuan Pohon Ditanam Serentak Di Bantaran Sungai Bengawan Solo

KARANGANYAR - Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Anan Nurakhman, S.I.P., didampingi Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., melaksanakan Penanaman Pohon Secara Serentak, guna Meningkatkan Pembinaan Lingkungan Hidup di Wilayah Korem 074/Warastratama bertempat di Bantaran Sungai Bengawan Solo, Ngringo, Jaten, Kamis 29 Desember 2022. 

Sebagai insan yang beriman dan bertaowa, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, karena atas rahmat dan ridho-Nya kita masih diberi kesempatan, kekuatan, dan kesehatan, untuk melaksanakan tugas dan pengabdian kita, kepada bangsa dan negara tercinta. selanjutnya saya selaku Komandan Kodim 0727/Karanganyar mengucapkan selamat datang kepada Danrem O074/Warastratama Kolonel Inf Anan Nurakhman, S.IP. beserta rombongan di wilayah Kodim 0727/Karanganyar tepatnya di dusun Daleman, desa Ngringo, kecamatan Jaten dalam rangka Penanaman Pohon Di Bantaran Sungai Bengawan Solo. 

Dusun Daleman, desa Ngringo ini merupakan daerah rawan bencana banjir akibat luapan sungai Bengawan Solo kejadian banjir terakhir pada tanggal 19 November 2022 dengan ketinggian air 50 CM sedangkan banjir terbesar pada tahun 2013 yang mencapai ketinggian air 1,5 M yang merendam puluhan rumah, walaupun tidak ada korban jiwa tetapi desa ini merupakan langganan banjir apabila intensitas hujan tinggi. 

Selanjutnya selaku Komandan Kodim 0727/Karanganyar, menyampaikan  terima kasih kepada Danrem yang telah peduli lingkungan di dusun Daleman ini semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, dan dapat bermanfaat bagi masyarakat dusun Daleman. 

kemudian, saya berpesan agar kita sekalian senantiasa memelihara semangat kebersamaan, persatuan, toleransi atas perbedaan dan budaya gotong royong, serta kepercayaan diri dalam kehidupan keseharian kita. Saya juga minta agar pohon-pohon yang telah ditanam ini, senantiasa dijaga dan dipelihara agar dapat bermanfaat dalam kurun waktu yang cukup lama bagi masyarakat,"pungkas Dandim.

Dalam sambutannya Danrem menegaskan bahwa pada hari ini dirinya bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Karanganyar melaksanakan, kegiatan penanaman pohon secara serentak sebanyak 10.000 tanaman di wilayah Soloraya, ini terdiri dari berbagai jenis tanaman salah satunya kayu putih, sirsak, mangga, kelengkeng, tujuannya adalah untuk penghijauan di daerah bantaran sungai Bengawan Solo.

"Kita berharap ke depan tidak terjadi lagi erosi yang dapat menyebabkan banjir, menyebabkan kekeringan dan erosi di daerah bantaran sungai yang terganggu dan menghilangnya mata air, pendangkalan. Jadi kita laksanakan untuk mengantisipasi hal-hal tersebut. Dan ini juga merupakan arahan Bapak Presiden, Bapak Jokowi agar kita senantiasa melaksanakan penghijauan dimanapun kita berada, harapannya dari 10.000 tanaman dapat tertanam semua."tuturnya.

"Harapannya lokasi ini rimbun dan saya titip kepada masyarakat agar bisa memelihara, supaya berapa tahun mendatang ada nilai ekonomis dari beberapa tanaman buah yang kita tanam, yang bisa dimanfaatkan dan bisa memberikan efek yang baik bagi masyarakat,"pungkas Danrem.(Tr-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Serda Supriyadi Hadiri Pembukaan Pesta Siaga Pramuka Kwarran

KARANGANYAR - Bertempat di Halaman SMPN 2 Karangpadan diselenggarakan pembukaan pesta siaga Pramuka Kwarran Kecamatan Karangpadan, Sabtu 28 ...