Senin, 26 Desember 2022

Sumur Hidram Program TNI Manunggal Air Di Ngargoyoso

KARANGANYAR - Pembuatan Pompa Hydraulic Ram Pump (hidram), sumur bor serta pipa penyaluran air secara gravitasi/non listrik mengusung teknologi yang sederhana, namun efektif untuk mengatasi keterbatasan akses air bersih. Pasalnya, teknologi ini mampu mengangkat air melebihi ketinggian 100 meter secara vertikal, dengan menggunakan mekanisme tekanan dinamik air yang ditimbulkan. 

Anggota Koramil 09/Ngargoyoso melaksanakan kerja bakti dalam rangka pembuatan Sumur Hidram Program TNI Manunggal Air Th 2022, di Dusun Tlogo RT 03/14, Desa Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar. Rabu (07/12/2022)

KASAD Jendral Dudung Abdurachman menyampaikan kepada seluruh Babinsa dan masyarakat desa yang telah mendukung Program TNI AD Manunggal Air Bersih, dan kerjasamanya dalam rangka mengatasi kesulitan air bersih melalui metode Pompa Hidram, dalam beberapa tahun terakhir terjadi krisis air di beberapa wilayah Indonesia. Air merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bagi kehidupan masyarakat dan menjadi permasalahan yang harus mendapatkan penanganan yang secara efektif,"terangnya.

Melihat situasi seperti ini, sehingga ada program yang cemerlang digalakkan melalui TNI Angkatan Darat Manunggal Air Bersih, hingga pembangunan Pompa Hidram secara tersebar dan serentak di pulau Jawa, Madura, Sulawesi dan Papua. Salah satunya di Dusun Tlogo RT 03/14, Desa Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, wilayah binaan Koramil 09/Ngargoyoso jajaran Kodim 0727/Karanganyar.

"Program pembangunan Pompa Hidram ini juga disertai dengan kegiatan pelatihan kepada masyarakat maupun Pemerintah Daerah, guna meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Pompa Hidram ini, sehingga diharapkan kedepannya bisa dilaksanakan oleh masyarakat sendiri," tegas Kasad.

Ditambahkan Jendral Dudung, Pompa Hidram ini dalam operasionalnya mempunyai keuntungan dibandingkan dengan jenis pompa lain antara lain tidak membutuhkan sumber tenaga tambahan dan biaya operasionalnya sangat murah serta mempunyai dua bagian yang bergerak sehingga memperkecil terjadinya keausan alat,"pungkasnya.(Sw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Serda Supriyadi Hadiri Pembukaan Pesta Siaga Pramuka Kwarran

KARANGANYAR - Bertempat di Halaman SMPN 2 Karangpadan diselenggarakan pembukaan pesta siaga Pramuka Kwarran Kecamatan Karangpadan, Sabtu 28 ...