Babinsa Suruh Beberkan Cara Penyemprotan Hama Padi

Posted by kodimkaranganyar on Mei 22, 2019 with No comments
Kodim Karanganyar - Langkah mengantisipasi serangan hama atau penyakit pada tanaman padi, Babinsa Suruh Koramil 02/Tasikmadu Sertu Mustajab mendampingi petani melakukan penyemprotan tanaman padi di lahan sawah bapak Purwanto dusun Pendemwetan desa Suruh Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Senin (20/05/2019).

Bahwa penyemprotan tanaman padi di lahan seluas 3600 m milik Pak Purwanto ini bertujuan untuk menjaga tanaman padi agar terhindar dari gangguan hama. Karena bila terbebas dari hama, maka pertumbuhan tanaman padi akan lebih optimal yang pada akhirnya dapat memproduksi hasil panen seperti yang diharapkan para petani dan petani tidak mengalami kerugian,”terangnya.

Seperti diketahui bersama, penyemprotan yang baik dilakukan pada pagi hari antara pukul 08.00 hingga menjelang pukul 10.00, karena saat itu air embun mulai hilang dan mulut daun mulai terbuka, sehingga cairan pestisida/insektisida lebih diserap tanaman padi.

Sedangkan penyemprotan pada sore hari, waktu yang tepat sekitar pukul 15.00 hingga menjelang pukul 17.00 karena saat itu wereng atau hama menetap pada pangkal batang padi.

Perlu diperhatikan juga, jangan melakukan penyemprotan pada saat akan turun hujan dan ketika matahari menyengat, karena di kala itu wereng atau hama dan sejenisnya akan bersembunyi. Sehingga akan kesulitan untuk kontak langsung dengan insektisida,”terang Babinsa.

(02-Pendim 0727/Kra)