Hardiknas 2019 Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan

Posted by kodimkaranganyar on Mei 02, 2019 with No comments
Karanganyar - Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 2 Mei, bukan semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Bapak Perintis Pendidikan Ki Hajar Dewantoro, akan tetapi lebih merupakan momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme pada seluruh insan pendidikan di tanah air. Dengan itu Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalsanakan Upacara Hari Pendidikan Nasional di Alun-alun kabupaten Karanganyar. Kapten Heru Danramil 09/Ngargoyoso mewakili Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andi Amin Latama, S.Sos., menghadiri Upacara Hardiknas tersebut. Kamis (02/5)

Selaras dengan tema peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 kali ini yakni "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan", maka tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan. Guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.
Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan yaitu:
1) Pendidikan karakter untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur.
2) Penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja, dengan ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan.

"Hadirnya Revolusi Industri 4.0 telah mempengaruhi cara kita hidup, bekerja dan belajar. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik. Untuk itu, peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa ditengah perubahan global yang bergerak cepat.

Oleh karenanya, sekolah dan para guru diharapkan untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital. Dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ketiga pusat pendidikan tersebut harus saling mendukung dan menguatkan,"ucap Pjs. Sekda Karanganyar Sutarno saat menjadi Inspiktur Upacara.

(Pendim 0727/Kra)