Kamis, 23 Maret 2023

Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Karanganyar

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., dalam hal ini diwakili oleh Kasdim Mayor Chb Sutaryanta turut menghadiri rapat koordinasi TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) Kabupaten Karanganyar, bertempat di Jawa Dwipa Heritage Resort And Convention jl. raya Solo - Tawangmangu, Karangpandan, Selasa 21 Maret 2023.

H. Rober Christanto, S.E., Wakil Bupati Karanganyar selaku Ketua TPPS mengungkapkan, seperti kita ketahui bersama, bahwa Presiden Joko Widodo dalam kegiatan Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah tahun 2023 tanggal 17 Januari 2023, memberikan 9 arahan yang harus menjadi prioritas pemerintah daerah, salah satunya adalah untuk fokus menurunkan stunting. Pemerintah mentargetkan penurunan prevalensi stunting tahun 2024 sebesar 14%. 

Ia juga menambahkan, Prevalensi Balita Stunting Kabupaten Karanganyar berdasarkan hasil SSGI tahun 2022 sebesar 22,3% meningkat dibandingkan tahun 2021 sebesar 14,6%. Angka prevalensi kabupaten lebih tinggi dibandingkan dengan prevalensi provinsi Jawa Tengah sebesar 20,6% (SSGI, 2022) Upaya yang lebih keras perlu dilakukan untuk mengejar tercapainya target dalam kurun waktu dua tahun kedepan, dengan memperkuat kolaborasi dan konvergensi lintas sektor dengan pemangku kebijakan dan mitra kerja di berbagai tingkatan wilayah melalui pendekatan pentahelix. 

"TPPS Kabupaten Karanganyar telah dibentuk melalui keputusan Bupati Karanganyar No. 050/271 Tahun 2022 tentang Pembentukan Tim Percepatan Pencegahan Stunting Tingkat Kabupaten Karanganyar. TPPS bertugas mengkoordinasikan, mensinergikan, dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting secara efektif, konvergen, dan terintegrasi dengan melibatkan lintas sektor terkait", Ujarnya.(Tr-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bantu Petugas, Babinsa Plosorejo Dampingi Posyandu

KARANGANYAR — Pelayanan Posyandu merupakan kegiatan kesehatan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas, dengan tu...