Senin, 20 Maret 2023

Rober Christanto Menutup Pameran Gedhen Tahun 2023

KARANGANYAR – Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto menutup Pameran Gedhen yang digelar selama 4 hari mulai 16-19 Maret 2023 di Gedung Kebudayaan Karanganyar. Turut hadir Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., diwakili Kapten Arh Heru Nugroho, Minggu 19 Maret 2023. Saat ditutup omset perdagangan mencapai Rp 2,7 Miliar atau dua kali lipat dari target yang direncanakan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar optimis bahwa UMKM di Kabupaten Karanganyar akan naik kelas.

"Kami sudah melatih UMKM di Balai Latihan Kerja dan kemudian memasarkan produknya melalui Pameran Gedhen kali ini. Saya yakin UMKM akan mampu menyerap tenaga kerja dan mampu terus menyajikan yang terbaik," papar Rober Christanto usai menutup acara yang diikuti 240 stan lebih di Gedung Kebudayaan.

Kedepan, Rober berharap event seperti ini harus digelar kembali. Namun bukan hanya Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disdagperinaker) dan Dinas Pertanian, Pangan, Perikanan (Dispertanpp) yang terlibat, namun semua OPD diharapkan ikut. Misalnya Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga ikut mempromosikan pariwisata di Karanganyar. Kemudian Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) membuat sistem e-commere atau mendigitalkan produk UMKM.

"Saya yakin dengan kerjasama yang apik akan membuat kesejahteraan masyarakat dapat terangkat. Apalagi keinginan Presiden Joko Widodo yang membuat zero kemiskinan ekstrem akan terwujud jika upaya seperti ini kita galang terus-menerus," tambahnya.

Sementara Panitia Pameran Gedhen, Siti Maisyaroch, mengatakan antusias masyarakat untuk melihat pameran sangat tinggi. Terbukti omset selama 4 hari, Rp 2,758.115.000. Angka besar tersebut didorong penjualan enam mobil yang terjual.

Kemudian, Siti Maysaroh melaporkan omset penjualan selama empat hari. Dari produk pertanian omset sebanyak Rp 715.025.000, dari UKM industri terjual omset Rp 2,043.090.000. Total Rp 2.758.115.000.

Pihaknya berharap agenda kegiatan terus dilakukan untuk  meningkatkan perkonomian, idustri, dan pertanian. "Selama pameran, panitia juga melakukan penilaian stand yang ada. Penilaian itu dari larisnya dan banyak pengunjungnya," pungkasnya.(Aw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Kepala Staf Kodim Berikan Wawasan Kebangsaan

KARANGANYAR — Dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah  SMA Negeri 1 Karanganyar, Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudh...