Selasa, 21 Maret 2023

Pertemuan Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Imunisasi Kabupaten Karanganyar Tahun 2023

KARANGANYAR — Bertempat di Hotel Taman Sari Jl. Raya Solo -Tawangmangu No 98, Cangakan Barat, Cangakan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Senin 20 Maret 2023. Komandan Kodim 0727/Karanganyar, Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., yang diwakili Perwira Seksi Teritorial Kapten Inf Achuwad Darsono menghadiri Pertemuan Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Imunisasi Kabupaten Karanganyar Ta 2023.

Purwanti S.K.M. M.Kes (Plt Kepala Dinkes Kabupaten Karanganyar), Melaporkan untuk kegiatan imunisasi di Kabupaten Karanganyar belum mencapai 100 %, karena masih ada penolakan di beberapa Desa di Kecamatan Jatiyoso dan Kecamatan Tawangmangu yang masih belum menerima Imunisasi.

Kemudian untuk sekolah juga belum bisa mencapai 100% masih di angka 97% untuk itu maka kita perlu upaya-upaya dan upaya yang masih yang sudah kami lakukan adalah pertemuan koordinasi lintas sektoral.

Kita juga memberikan edukasi kebeberapa kecamatan yang ada penolakan, dan pondok pondok pesantren yang ada penolakannya kemudian kunjungan rumah kepada bayi yang orang tuanya menolak untuk di Imunisasi.

Dengan terbentuknya peduli imunisasi kami harapkan bisa mencapai 100% dan pelaksanaan imunisasi sekolah juga bisa 100%.

Kita juga sudah melakukan penyuluhan kepada beberapa wali murid di beberapa sekolah yang orang tuanya menolak imunisasi,"ungkapnya.

Penyampaian Bapak Aziz Perwakilan MUI Kabupaten Karanganyar, Kita sudah sering memberikan penyuluhan kepada orang orang yang menolak kegiatan imunisasi, yang menganggap imunisasi itu HARAM, sehingga kita perlu menjelaskan bahwa imunisasi itu penting. 

Sesuai Hukum Agama walaupun HARAM jika itu bisa untuk mengobati suatu penyakit di perbolehkan, karena berhubungan dengan hidup orang lain. 

Dengan adanya forum komunikasi peduli imunisasi ini, mari kita selalu menyampaikan penyuluhan betapa pentingnya imunisasi. Saat ini paling baik untuk menyampaikan penyuluhan tentang pentingnya imunisasi secara pendekatan secara personal. 

Untuk penyuluhan pintu ke pintu harus kita sering lakukan secara rutin dan berkesinambungan, karena dinkes Karanganyar tidak bisa bekerja secara sendiri, sehingga perlu kita saling bekerja sama,"tutup Aziz.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bantu Petugas, Babinsa Plosorejo Dampingi Posyandu

KARANGANYAR — Pelayanan Posyandu merupakan kegiatan kesehatan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas, dengan tu...