Senin, 31 Oktober 2022

Sambut Hari Jadi Karanganyar Disarpus Gelar Festival Literasi

KARANGANYAR – Dalam rangka menyambut perhelatan Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke 105 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Karanganyar menggelar Festival Literasi yang diresmikan oleh Bupati Karanganyar, Senin 31 Oktober 2022.

Festival Literasi ini mengusung tema "Maju dan Mandiri Dengan Literasi" yang akan berlangsung mulai tanggal 31 Oktober sampai dengan 6 November 2022 bertempat di Gedung Disarpus Karanganyar.

Kegiatan dihadiri Bupati Karanganyar, Ketua DPRD Karanganyar, Danramil 04/Jaten Kapten Inf Hanan mewakili Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., PKK, GOW, Kepala Sekolah, dan Para Pelajar.

Laporan Kepala Disarpus Karanganyar, Nurhayati mengatakan tujuan kegiatan ini adalah memotivasi budaya gemar membaca dan ilmu pengetahuan pada masyarakat umum. Mengkampanyekan gemar membaca dan mewujudkan partisipasi masyarakat.

Adapun kegiatan pendukung pada festival literasi ini meliputi bedah buku, lomba puisi, lomba digital, sosialisasi literasi dan lainnya.

"Kami selaku panitia penyelenggara mohon do'anya untuk bisa mencapai target 2500 pengunjung,"harapnya.

Sementara itu Bupati Karanganyar dalam arahannya sekaligus membuka secara resmi festival literasi, menyampaikan atas nama Pemerintah kami mengapresiasi atas terselenggaranya festival literasi ini.

Pihaknya menegaskan pada kesempatan yang baik ini bahwa kantor Perpustakaan ini fungsinya adalah menjadikan spirit untuk masyarakat agar membaca dijadikan suatu kesukaan atau hobi literasi.

Karena dengan membaca memberikan kontribusi apa yang kita baca, kita kaji, kita analisis, sehingga outputnya benar benar maksimal.

"Arti literasi ini sebenarnya adalah seperangkat kemampuan dalam membaca, memmahani apa yang kita baca dan menganalisanya sehingga outputnya adalah perilaku," terang Bupati.

Ia berharap dengan literasi ini bersama sama kita memahami sehingga kita semakin memiliki kompetensi kompetensi yang berkualitas karena perpustakaan adalah jendela dunia.(Sw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembuatan Pompa Hydraulic Ram Pump Di Wilayah Jenawi Program KASAD

KARANGANYAR - Dalam Pembuatan Pompa Hydraulic Ram Pump (hidram), sumur bor serta pipa penyaluran air secara gravitasi/non listrik mengusung ...