Jumat, 28 Oktober 2022

Ziarah Dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Karanganyar Ke 105

KARANGANYAR – Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Karanganyar ke 105 tahun 2022, Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., bersama Forkopimda kabupaten Karanganyar melaksanakan ziarah ke makam sesepuh Karanganyar diantaranya makam Nyi Ageng Karang, Kamis 27 Oktober 2022. 

Makam Nyi Ageng Karang menyimpan sejarah yang sangat penting untuk kabupaten Karanganyar, karena Makam Nyi Ageng Karang merupakan cikal bakal berdirinya desa Karanganyar dan kabupaten Karanganyar.

Sejarah Karanganyar tidak bisa dilepaskan dari sosok Nyi Ageng Karang. Nyi Ageng Karang juga dikenal sebagai Raden Ayu Diponegoro atau Raden Ayu Sulbiyah. Dia adalah istri Pangeran Diponegoro. Setelah Pangeran Diponegoro ditangkap Belanda dan diasingkan ke Afrika Selatan maka Nyi Ageng Karang mengasingkan diri di hutan belantara yang sekarang disebut Karanganyar.

Selanjutnya serangkaian kegiatan diawali dengan ziarah ke tokoh perintis yang berada di Makam Temu Ireng, Gaum, Astana Mangadeg, Girilayu dan Giribangun.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Libur Lebaran Anggota Koramil Tawangmangu Melaksanakan Komsos Di Wisata Grojogan Sewu

KARANGANYAR — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Tawangmangu Kodim 0727/Karanganyar Serka Parno bersama Serda Anang melaksanakan Komu...