Selasa, 07 Desember 2021

Sosialisasi HIV AIDS Dan Pembukaan Layanan Bagi Perawatan Dukungan, Pengobatan Puskesmas Dalam Rangka Peringatan Hari Aids Sedunia

KARANGANYAR - Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo, S.I.P., menghadiri sosialisasi HIV AIDS dan pembukaan layanan bagi perawatan dukungan dan pengobatan Puskesmas dalam rangka peringatan Hari Aids Sedunia Tahun 2021 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin 06 Desember 2021.

Peran Warga Peduli Aids (WPA) tidak hanya mengajak orang dengan HIV-Aids (ODHA) berobat, namun juga memupus stigma negatif bagi mereka. Para sukarelawan WPA memberi edukasi ke lingkungan agar menjauhi virusnya, namun bukan orangnya. Hal itu disampaikan Ketua Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Karanganyar Djatmiko kepada wartawan di sela sosialisasi Hari Aids Sedunia di rumah dinas Bupati tersebut.

Ia mengatakan, stigma negatif bagi ODHA mulai berkurang. Kondisi ini tak lepas dari terbentuknya WPA di tiap desa. Para sukarelawan tumbuh dari lingkungan masyarakat, RT, RW hingga kecamatan.

"Di organisasi WPA, pengurusnya juga ada ODHA. Awalnya memang canggung. Tapi lama kelamaan masyarakat mulai terbiasa dengan ODHA. Kalau enggak berhubungan berisiko, pasti tidak tertular. Mereka sama seperti kita. Kalau enggak minum obat dan badannya drop, pasti sakit," katanya.

Keluarga ODHA juga tak boleh menyembunyikan keberadaannya. Ini supaya pemerintah mudah memberikan pendampingan dan pengobatan. Di WPA beranggota tokoh agama, masyarakat, tim penggerak PKK hingga Karangtaruna.

Berdasarkan data, pengidap HIV-Aids terbanyak akibat perilaku menyimpang yang erat kaitannya dengan seks bebas. Sebanyak 79 kasus baru ditemukan sejak awal tahun hingga November 2021.

"HIV-Aids ini jangan dilupakan. Penanganan Pandemi Covid-19 seolah-olah menutup kebijakan dan program pencegahan HIV-Aids," katanya.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mendorong masyarakat rutin memeriksakan kesehatannya. Cara ini memberi kepastian tentang kondisi pribadi. Bangun stimulasi dan semangat. Dengan mengecek kesehatan, kita menjadi yakin dan percaya diri. ODHA pun harus cek rutin. Itu menentukan takaran obatnya," katanya.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5M Wajib Diterapkan Di Obyek Wisata De Tjolomadoe

KARANGANYAR - Anggota Koramil 16/Colomadu Serka Zalmin melaksanakan patroli pendisiplinan protokol kesehatan pada masa PPKM Level 2 kepada p...