Selasa, 17 Oktober 2023

Babinsa Lalung Dampingi Penebaran Benih Ikan Di Waduk Lalung Oleh Bupati Karanganyar

KARANGANYAR — Sertu Widodo Babinsa kelurahan Lalung anggota Koramil 01/Karanganyar, melaksanakan pendampingan kegiatan penebaran benih ikan di waduk Lalung oleh Bupati Karanganyar dalam rangka hari jadi kabupaten Karanganyar yang ke 106.

Kepala Dispertan PP Kabupaten Karanganyar Siti Maesaroh mengatakan, ada enam dokter hewan yang siap melayani masyarakat dan dilanjutkan Bupati menebar ikan di waduk Lalung, karena airnya masih cukup untuk menjaga stabilitas bangunan, sehingga pengelola waduk meminta untuk bisa menebar ikan di waduk lalung tersebut.

"Hari ini akan dilakukan vaksinansi untuk 100 ekor kucing dan 3 ekor anjing, pendaftaran secara online dengan SOP pengecekan suhu kucing, penimbangan berat badan dan penyuntikan vaksin,"tutur Siti Maesaroh.

Pihaknya juga menyampaikan untuk populasi sapi di wilayah Kabupaten Karanganyar sebanyak 70.000 ekor sapi. Adapun jenis sapi yang diambil bibitnya untuk indukkan adalah jenis Limosin, simetel, brahman, sapi perah, sapi PO dan sapi Belgia blue yang telah dihasilkan di daerah Jenawi, Jumapolo, Jumantono.

Menurutnya, jenis sapi Belgia blue ini sangat bagus untuk bibit indukkan, karena  baru lahir bobotnya  50 kg dan nanti usia satu (1) tahun bisa mencapai satu (1) ton beratnya.

Sementara itu ditambahkan Siti Maesaroh, bahwa pembangunan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan)  ini di tahun 2022 dengan anggaran Rp. 480 juta dan pemenang kontrak dengan nominal  Rp 650 juta oleh PT. Sosro Karya Tahun 2022 lalu.

"Dispertan setor ke PAD Rp. 128 juta dari teman teman esiminator, bantuan Bupati untuk pembelian  stowage plan Rp. 128 juta,"jelasnya.

Pada kesempatan dan waktu yang sama, Bupati Karanganyar dalam arahannya mengatakan, harus ada keharmonisan dengan lingkungan alam sekitar dan sesama makhluk ciptaan Tuhan. Dengan demikian akan terjadi keseimbangan ekosistem. Semua makhluk hidup harus dirawat sebaik baiknya. Ia pun mengajak untuk saling menyayangi semua makhluk ciptaan Tuhan. Karena ini sebagai salah satu ikhtiar kita menghindari penyakit/virus yang ada di hewan dengan cara vaksinasi.(Sw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bantu Petugas, Babinsa Plosorejo Dampingi Posyandu

KARANGANYAR — Pelayanan Posyandu merupakan kegiatan kesehatan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas, dengan tu...